KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN SERVANT DALAM PENDIDIKAN MANAJEMEN INDONESIA

ANIS ELIYANA, Prof. Dr., SE., M.Si (2013) KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN SERVANT DALAM PENDIDIKAN MANAJEMEN INDONESIA. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-grey-2016-eliyanaani-42831-pg.09-14-k.pdf

Download (318kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebuah organisasi yang berorientasi pada profit (mencari keuntungan) atau non profit (tidak mencari keuntungan) selalu membutuhkan seorang pemimpin, karenanya pemimpin menjadi isu yang tak lekang oleh zaman. Setiap zaman selalu memiliki pemimpin, atau sebaliknya setiap pemimpin merupakan bagian dari zaman dan menjadi bagian peradaban dunia. Begitu banyak buku, artikel, jurnal, dan penelitian yang mengkaji tentang pemimpin, bahkan kisah yang menuangkan kisah pemimpin dari masa ke masa. Setiap orang yang belajar dari tingkatan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sampai dengan perguruan tinggi setidaknya pernah mengikuti pelatihan kepemimpinan baik yang dilaksanakan secara terstruktur maupun tidak terstruktur melalui kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah atau kampus. Kepemimpinan adalah sebuah proses memengaruhi yang dilakukan oleh seorang pemimpin kepada pengikutnya dalam mencapai tujuan organisasi. Proses mempengaruhi ini dapat dilakukan dengan pemberian contoh berupa perilaku, sikap, dan tindakan kepada pengikutnya. Lebih luas disampaikan oleh Lussier dan Aqua (2013:5) bahwa kepemimpinan adalah sebuah proses memengaruhi dari seorang pemimpin dan pengikut untuk mencapai tujuan organisasi. Proses memengaruhi dari kajian Lussier dan Aqua tidak hanya dilakukan oleh seorang pemimpin namun pengikut juga bisa melakukan proses memengaruhi baik kepada sesama pengikut maupun kepada pemimpinnya. Berangkat dari pemahaman tersebut, Lussier dan Aqua mengkaji proses kepemimpinan dari tingkatan individu, tim, dan bergerak pada tingkatan organisasi.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 PG.09/14 Eli k
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN SERVANT; PENDIDIKAN MANAJEMEN INDONESIAs
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2341-2341.95 Supervision and administration. Business management
T Technology > TX Home economics > TX301-339 The house.Including arrangement, care, servants
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANIS ELIYANA, Prof. Dr., SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 14 Sep 2016 01:03
Last Modified: 14 Sep 2016 01:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40063
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item