TINJAUAN PROTEOM METABOLOM:PARADIGMA BARU PEMUTUS MATA RANTAI BERBAGAI PENYAKIT ERA INDUSTRI DAN KONTRIBUSI ANTIBIOFILM Candida spp.

Afaf Baktir, Prof. Dr., MS., Apt. (2013) TINJAUAN PROTEOM METABOLOM:PARADIGMA BARU PEMUTUS MATA RANTAI BERBAGAI PENYAKIT ERA INDUSTRI DAN KONTRIBUSI ANTIBIOFILM Candida spp. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-grey-2016-baktirafaf-40438-pg.02-14-t.pdf

Download (919kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia memiliki sumber daya alam meruah yang terdapat di mana-mana, meliputi tambang batubara, uranium, emas, dan terutama kandungan minyaknya. Berbagai industri global bermunculan untuk memanfaatkan sumber daya alam ini, yang dilakukan secara maksimal dengan sarana modern, agar manfaatnya semakin luas. Namun sayang, era industri juga berpeluang memberikan dampak negatif pada kesehatan masyarakat, akibat polusi logam berat yang berasal dari limbah industri atau polutan lain. Contoh sebagaimana dilaporkan oleh Winarti dan Miskiyah (2010) bahwa kandungan logam berat Pb dan Cd yang melebihi batas maksimum residu yang direkomendasikan, ditemukan pada kubis, tomat, dan wortel. Distribusi polutan terjadi melalui air, kemudian terakumulasi dalam tanah, rantai makanan melalui hasil laut dan hasil pertanian/perkebunan, yang pada akhirnya mengalami bioakumulasi dalam tubuh manusia. Hal ini dapat mengakibatkan kelainan struktur-fungsi organ atau jaringan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Efek secara tidak langsung terjadi melalui gangguan mikroekosistem saluran pencernaan (disbiosis), yang berakibat overgrowth flora normal Candida (kandidiasis) serta morfogenesis menjadi miselium dalam wujud biofilm patogen yang melekat pada mukosa membran saluran pencernaan. Efek tidak langsung inilah yang merupakan bahaya terselubung, karena secara pasti dan terus menerus akan diproduksi toksin endogen yang berasal dari metabolit Candida spp. yang tumbuh di saluran pencernaan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PG.02/14 Bak t
Uncontrolled Keywords: PROTEOM; METABOLOM; ANTIBIOFILM Candida spp.s
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
Divisions: Pidato Guru Besar
08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Afaf Baktir, Prof. Dr., MS., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 31 Oct 2016 19:38
Last Modified: 31 Oct 2016 19:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40064
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item