SINDROMA OVARIUM POLIKISTIK : PROBLEM REPRODUKSI DAN TANTANGANNYA TERKAIT DENGAN GAYA HIDUP PEREMPUAN INDONESIA

Budi Santoso, Prof. Dr., dr., SpOG(K) (2014) SINDROMA OVARIUM POLIKISTIK : PROBLEM REPRODUKSI DAN TANTANGANNYA TERKAIT DENGAN GAYA HIDUP PEREMPUAN INDONESIA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-grey-2016-santosobud-40453-pg.12-14-s.pdf

Download (769kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pola hidup masyarakat sekarang ini mempunyai kecenderungan dengan pola makan yang tidak seimbang dengan jumlah asupan kalori melebihi yang dibutuhkan tubuh dan juga kecenderungan menjalani kehidupan yang sedentary life style yaitu kehidupan yang sehari-hari jarang bergerak dan jarang atau tidak pernah melakukan olahraga. Kedua hal tersebut menyebabkan obesitas. Angka kejadian obesitas di Indonesia sendiri dari tahun ke tahun terjadi peningkatan yang cukup signifikan, seperti hasil penelitian dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1997, angka penduduk Indonesia berat badan berlebih 17,5 persen, dan 4,7 persen (9,8 juta) diantaranya obesitas, dibandingkan hasil penelitian pada tahun 2010, angka berat badan berlebih dan obesitas penduduk dengan usia 18 tahun ke atas 21,7 persen di mana 11,7 persen (27,7 juta) mengalami obesitas. Obesitas akan memicu penurunan kerja sel tubuh kita terhadap insulin (resistensi insulin), sehingga memicu pankreas untuk memproduksi insulin lebih banyak lagi. Pada wanita, tingginya kadar insulin dalam darah tubuh (Hiperinsulinemia) akan menghambat proses pertumbuhan dan perkembangan folikel, kondisi inilah yang menyebabkan hambatan terhadap proses pengeluaran oozit (ovulasi) yang mengakibatkan gangguan kesuburan (infertilitas).

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG.12/14 San s
Uncontrolled Keywords: SINDROMA OVARIUM POLIKISTIK;PROBLEM REPRODUKSI; GAYA HIDUP PEREMPUAN INDONESIAs
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics
Divisions: Pidato Guru Besar
01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kebidanan dan Kandungan
Creators:
CreatorsNIM
Budi Santoso, Prof. Dr., dr., SpOG(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 02 Nov 2016 16:41
Last Modified: 02 Nov 2016 16:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40072
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item