Peran Diagnosis Cepat Malaria Dan Defisiensi G6PD ON-SITE Dalam Upaya Pemberantasan Malaria Di Indonesia Melalui Pengobatan Cepat Dan Tepat

Indah Setyawati Tantular, Prof., dr., M.Kes., Ph.D., Sp.ParK (2014) Peran Diagnosis Cepat Malaria Dan Defisiensi G6PD ON-SITE Dalam Upaya Pemberantasan Malaria Di Indonesia Melalui Pengobatan Cepat Dan Tepat. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-grey-2016-tantularin-40461-pg.09-14-p.pdf

Download (428kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu masalah kesehatan masyarakat dunia yang masih memerlukan perhatian khusus terutama di negara tropis seperti Indonesia adalah Malaria. Selain karena insidensinya yang masih tetap tinggi dari tahun ke tahun, juga menyebabkan kesakitan dan kematian yang utama, terutama pada kelompok resiko tinggi yaitu bayi, anak balita, dan ibu hamil. Selain itu malaria berdampak langsung terhadap penurunan produktivitas kerja dan merupakan hambatan serius bagi kemajuan ekonomi di banyak negara berkembang. Usaha usaha untuk mengatasi penyakit malaria telah lama dilaksanakan namun hingga saat ini masih belum memberikan hasil yang berarti. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2010 terdapat sekitar 219 juta kasus infeksi malaria di seluruh dunia. Diperkirakan sekitar 700.000 hingga 2,7 juta kematian terjadi setiap tahun di seluruh dunia, terutama pada anak-anak di negara Afrika. Walaupun sejak tahun 1950 malaria telah berhasil dibasmi pada hampir seluruh benua Eropa, Amerika Tengah dan Selatan, tetapi di beberapa bagian benua Afrika dan Asia Tenggara, penyakit ini masih merupakan masalah kesehatan yang besar. Sekitar seratus juta kasus penyakit malaria terjadi setiap tahunnya, satu persen diantaranya berakibat fatal.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG.09/14 Tan p
Uncontrolled Keywords: PERAN DIAGNOSIS CEPAT MALARIA;DEFISIENSI G6PD ON-SITE; UPAYA PEMBERANTASAN MALARIA DI INDONESIAs
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: Pidato Guru Besar
01. Fakultas Kedokteran > Parasitologi
Creators:
CreatorsNIM
Indah Setyawati Tantular, Prof., dr., M.Kes., Ph.D., Sp.ParKUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 02 Nov 2016 17:08
Last Modified: 02 Nov 2016 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item