CARING SEBAGAI DASAR PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DAN KESELAMATAN PASIEN

Nursalam, Prof. Dr., M.Nurs (Hons) (2014) CARING SEBAGAI DASAR PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DAN KESELAMATAN PASIEN. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-grey-2016-nursalam-40479-pg.04-14-c.pdf

Download (399kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Isu sentral yang berkembang saat ini bagi perawat Indonesia yaitu era globalisasi/kesejagatan dan bagaimana berkompetisi di dalamnya terutama peningkatan peran Caring sebagai dasar peningkatan mutu pelayanan keperawatan dan patient safety.Sebagai profesi yang masih dalam proses menuju "perwujudan diri", profesi keperawatan dihadapkan pada berbagai tantangan. Tantangan pembenahan internal difokuskan pada empat dimensi domain yaitu ilmu keperawatan, pelayanan keperawatan dan asuhan keperawatan, praktik keperawatan serta jenjang karir perawat di pelayanan. Tantangan eksternal berupa tuntutan akan adanya registrasi, lisensi, sertifikasi yaitu tentang undang-undang praktik keperawatan, tuntutan kompetensi dan perubahan pola penyakit, peningkatan kesadaran masyarakat akan hak dan kewajiban, perubahan sistem pendidikan nasional, serta perubahan lainnya pada supra sistem dan pranata lain yang terkait. Saya bangga dan bersyukur sebagai ners, di satu sisi saya sedih manakala melihat fakta yang ada di masyarakat, bahwa lulusan ners masih belum diakui sebagai sosok profesional yang akan mampu memberikan kontribusi yang hebat dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan patient safety. Orang masih ragu dan memandang sebelah mata keberadaan perawat. Perawat masih identik dengan penjaga orang sakit dan pembantu profesi dokter serta menempatkan diri sebagai second class citizen in the health care system in Indonesia. Pandangan tersebut harus kita terima dengan lapang dada dan sekaligus sebagai pemicu adrenalin kita untuk membuktikan jati diri kita, bahwa seorang ners adalah profesional dengan segala atribut yang menyertainya. Satu kunci yang harus kita tanamkan kepada masyarakat adalah memperbaiki stigma masyarakat bahwa perawat masih dianggap sebagai petugas yang judes, suka membentak-bentak pasien, sering terlambat dan lain-lain. Hal yang harus dan terus kita lakukan adalah memperbaiki citra perawat, dengan menunjukkan jati diri perawat profesional, sebagai care provider, educator, community leader, manager, dan researcher.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PG.04/14 Nur c
Uncontrolled Keywords: CARING; PELAYANAN KEPERAWATANs
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pidato Guru Besar
13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
Nursalam, Prof. Dr., M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 02 Nov 2016 19:24
Last Modified: 02 Nov 2016 19:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item