PENDEKATAN ETNOMEDISIN PERAN WANITA DALAM PEMBANGUNAN KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA

Mangestuti Agil, Prof. Dr., MS., Apt. (2012) PENDEKATAN ETNOMEDISIN PERAN WANITA DALAM PEMBANGUNAN KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
gdlhub-gdl-grey-2016-agilmanges-40599-pg.11-16-p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hubungan antara manusia dan alam sekelilingnya sudah terselenggara sejak timbulnya peradaban manusia di muka bumi. Interaksi antara manusia dan bahan alam adalah salah satu di antara hubungan itu, yang timbul karena kebutuhan untuk mempertahankan kelangsungan hidup mereka. Dengan alasan itu, manusia menggunakan bahan alam sebagai makanan, obat-obatan, tempat tinggal dan banyak hal lagi. Pengalaman empiris pemakaian bahan alam untuk berbagai tujuan tersebut memberikan informasi dari generasi ke generasi tentang manfaat yang didapat manusia. Melalui peninggalan tertulis, sejarah mencatat bahwa bahan alam mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Pengetahuan tentang manfaat itu menjadi latar belakang timbulnya berbagai jenis makanan utama yang berbeda-beda antar budaya. Selanjutnya diketahui, bahwa kebutuhan manusia akan tercapainya keadaan sehat juga dapat diperoleh melalui interaksi dengan bahan alam selain makanan pokok. Interaksi tersebut biasanya terjadi sebagai bagian dari mekanisme pertahanan diri terhadap gangguan kesehatan yang timbul, misalnya karena pengaruh lingkungan, cuaca, dan gaya hidup. Bukti tentang hal itu dapat dijumpai pada berbagai catatan penemuan manfaat bahan alam bagi manusia melalui pengalaman empiris. Pada manusia, gejala yang dirasakan mengganggu kenyamanan diri selalu mengundang keinginan secara alamiah untuk mencari bahan penawarnya. Pemakaian bahan alam untuk mengatasi gejala tersebut pada awalnya bersifat empiris, di mana hasilnya akan ditularkan secara gethok tular dari generasi ke generasi.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 PG.11/16 Agi p
Uncontrolled Keywords: ETNOMEDISIN; PERAN WANITAs
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Mangestuti Agil, Prof. Dr., MS., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 28 May 2017 17:08
Last Modified: 28 May 2017 17:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item