PEDIATRI KOMUNITAS (PENDEKATAN MENCAPAI POTENSI ANAK INDONESIA BERKUALITAS)

MOERSINTOWARTI B. NARENDRA - MOERHADI D. (2004) PEDIATRI KOMUNITAS (PENDEKATAN MENCAPAI POTENSI ANAK INDONESIA BERKUALITAS). UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
gdlhub-gdl-grey-2007-moersintow-5079-pg10610.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan yang istilahnya disingkat menjadi Tumbuh Kembang adalah dasar dari ilmu kesehatan anak yang tampaknya belum difahami secara proporsional oleh masyarakat di Indonesia. Dalam era perkembangan teknologi yang maha spektakular di bidang bioteknologi seolah-olah ilmu tumbuh kembang anak ini hanya merupakan ilmu terapan sederhana yang sudah biasa dan tidak menarik. Akan tetapi pada dekade terakhir, ilmu tumbuh kembang semakin mendapat tempat terutama dalam memprediksi/penentuan kualitas manusia di masa depan beserta kebutuhan yang harus dipenuhi. Para ilmuwan seringkali merasa bahwa dengan memahami perilaku dari bagian-bagaian sel akan dapat merubah dunia, sudah seharusnya memikirkan segala akibatnya bagi individu manusia seutuhnya. Perkembangan spesialisasi yang semakin fragmented ini seringkali melupakan sosok individu seutuhnya sebagai subyek (host) sekaligus sasaran, yang justru merupakan koordinator dari fragmen-fragmen agar dapat berfungsi secara memadai untuk melanjutkan kehidupannya. Ilmu Tumbuh Kembang (Developmental Paediatrics) bertujuan untuk mempelajari peruobahan-perubahan yang terjadi dalam proses sejak konsepsi sel telur dengan sperma, kehidupan janin dalam rahim, masa bayi, anak kecil, masa prasekolah, remaja hingga menjadi manusia dewasa seutuhnya. Masalah perilaku (behavioral paediatrics) semakin terangkat ke permukaan dihadapi oleh masyarakat dalam kesukaran pengasuhan anak-anak tertentu pada usia Balita (bawah lima tahun) hingga remaja. Pendekatan Kedokteran Komunitas telah cukup lama berkembang di Indonesia, bahkan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga merupakan salah satu pelopor dengan mengembangkan model Community Medicine Teaching Program (CMTP) sejak tahun 1974 hingga saat ini yang berkembang menjadi Program Pendidikan Kedokteran Masyarakat ( PPKM) degan Biro Koordinasi kedokteran Masyarakat BKKM yang terdiri dari unsure-unsur pengajar yang multidisiplin dari klinik ,praklinik dan public health sebagai motor dalam bimbingan di komunitas.

Item Type: Other
Additional Information: KK KKA PG.106/10 Nar p
Uncontrolled Keywords: PEDITRICS
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsEmail
MOERSINTOWARTI B. NARENDRA - MOERHADI D.UNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 01 Jun 2017 18:49
Last Modified: 01 Jun 2017 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40141
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item