ANALISIS KADAR LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) DALAM DARAH DAN KELUHAN KESEHATAN PEGAWAI PERCETAKAN DI PUSAT PENERBITAN DAN PERCETAKAN BUKU UNIVERSITAS AIRLANGGA

RIFQATIL AINI, 101311123033 (2016) ANALISIS KADAR LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) DALAM DARAH DAN KELUHAN KESEHATAN PEGAWAI PERCETAKAN DI PUSAT PENERBITAN DAN PERCETAKAN BUKU UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
HALAMAN DEPAN .pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
370. 40182-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Paparan timbal (Pb) yang disebabkan karena tinta area percetakan Pusat Penerbitan dan Percetakan Buku Universitas Airlangga dapat berdampak negatif bagi para pegawai yang bekerja di area tersebut. Karena paparan yang terus menerus dengan timbal maka para pegawai percetakan/ produksi dapat berisiko mengalami keracunan Pb yang ditandai dengan keluhan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kadar timbal (Pb) dalam darah dengan keluhan kesehatan akibat keracunan Pb Pegawai Percetakan di Pusat Penerbitan dan Percetakan Buku Universitas Airlangga Kota Surabaya Tahun 2015. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai percetakan berjumlah 9 orang dan pegawai administrasi berjumlah 9 orang sebagai kontrol. Subyek ditarik dari populasi dengan carasimple random sampling. Analisis data dilakukan menggunakan ujichi-square (α = 0,05), regresi logistik dan T- independent test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kadar timbal dalam darah pegawai percetakan dengan kadar timbnal dalam darah pegawai administrasi(p=0,000; t=11,5). Tidak ada hubungan antara kadar timbal dalam darah dan keluhan kesehatan (p = 0,200), ada hubungan antara udara dijalan dengan kadar timbal dalam darah (p= 0,041), ada hubungan antara hiegene perorangan dengan kadar timbal dalam darah (p= 0,010), hasil resgresi logistic menunjukkan variabel yang mempunyai hubungan signifikan adalah hiegene perorangan (p = 0,010; OR = 49). Kesimpulan dalam penelitian adalah variabel yang berhubungan dengan kadar timbal dalam darah adalah higiene perorangan.Oleh karena itu disarankan untuk perusahaan agar menyediakan tempat cuci tangan di area percetakan/ produksi dan memberikan suplemen kalsium pada pegawai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.26/16 Ain a
Uncontrolled Keywords: Kadar timbal dalam darah, keluhan kesehatan akibat keracunan timbal, pegawai percetakan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
R Medicine > RB Pathology > RB37-56.5 Clinical pathology. Laboratory technique
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RIFQATIL AINI, 101311123033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoedjajadi Keman, Prof., dr.,M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:19
Last Modified: 09 Jul 2017 18:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40182
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item