ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SELF EFFICACY IBU NIFAS DALAM MEMBERIKAN ASI EKSLUSIF (Studi Pada Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Kalikedinding Surabaya)

YUSNITA NUR FADHILAH, 101211131029 (2016) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SELF EFFICACY IBU NIFAS DALAM MEMBERIKAN ASI EKSLUSIF (Studi Pada Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Kalikedinding Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.174-16 Fad a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Self efficacy merupakan salah satu faktor yang berperan dalam mendukung keberhasilan ibu dalam memberikan ASI ekslusif. Self efficacy ibu yang rendah dapat menjadi penghambat seorang ibu dalam memberikan ASI ekslusif. Selama kurun waktu 3 tahun cakupan ASI ekslusif di Puskesmas Tanah Kalikedinding Kota Surabaya belum mencapai target. Pada tahun 2012 sebesar 63,28%, tahun 2013 sebesar 51,83% dan tahun 2014 sebesar 54,95% dengan masing-masing target sebesar 80%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan self efficacy ibu nifas dalam memberikan ASI ekslusif. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif. Rancang bangun yang digunakan adalah cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode consecutive sampling. Wawancara dilakukan kepada 54 ibu nifas dengan menggunakan kuesioner. Variabel bebas penelitian adalah karakteristik ibu nifas yang meliputi usia, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan dan pengalaman menyusui sebelumnya. Kemudian diteliti pula tingkat motivasi, pengetahuan, bentuk dukungan suami dan dukungan petugas kesehatan dari persepsi ibu. Sedangkan variabel terikat adalah nilai self efficacy dari ibu nifas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas ibu nifas memiliki tingkat self efficacy yang tinggi dalam memberikan ASI ekslusif. Hasil uji chi squre menunjukkan adanya hubungan tingkat pendidikan terakhir ibu dan tingkat motivasi terhadap self efficacy ibu nifas dalam memberikan ASI ekslusif dengan p = 0,013 dan 0,029. Hasil juga menunjukkan tidak ditemukan hubungan usia, jenis pekerjaan, pengalaman menyusui sebelumnya, tingkat pengetahuan, tingkat dukungan suami dan tingkat dukungan petugas kesehatan dengan self efficacy ibu nifas dalam memberikan ASI ekslusif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat pendidikan dan motivasi merupakan faktor determinan self efficacy ibu nifas dalam memberikan ASI ekslusif di wilayah kerja Puskesmas Tanah Kalikedinding Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.174/16 Fad a
Uncontrolled Keywords: ASI ekslusif, ibu nifas, self efficacy
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
YUSNITA NUR FADHILAH, 101211131029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuji Sulistyowati, S.KM, M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:17
Last Modified: 04 Aug 2016 06:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40192
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item