STUDI PENERAPAN MARKETING MIX PADA PELAKSANAAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT SWASTA

Kismoko, - (2002) STUDI PENERAPAN MARKETING MIX PADA PELAKSANAAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT SWASTA. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kismoko-14489-fkm171-k.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-grey-2011-kismoko-12163-fkm17-s.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan unit pelaksana pelayanan kesehatan yang integratif dan komprehensip. Rumah sakit di Indonesia pada awalnya adalah bersifat public hospital yaitu didirikan untuk kepentingan masyarakat (nirlaba). Seiring perkembangan Rumah sakit sebagai organisasi nirlaba yang berfungsi untuk menyembuhkan orang sakit, harus mampu hidup dan berkembang sesuai dengan keinginan masyarakat penggunanya. Rumah sakit tidak bisa hanya bergantung pada donatur, subsidi pemerintah, penyantun. Pengembangan rumah sakit untuk lebih dapat berkembang harus diorientasikan untuk memenuhi kebutuhan pasar konsumen atau pasien sebagai pengguna jasa pelayanan kesehatan yang disediakan oleh rumah sakit. Salah satu langkah yang ditempuh dalam upaya meningkatkan penggunaan jasa pelayanan rumah sakit dikembangkan pemasaran rumah sakit. Kegiatan pemasaran rumah sakit merupakan kegiatan integral yang harus dilakukan oleh pihak manajemen dalam upaya meningkatkan angka kunjungan rawat jalan, rawat inap (BOR) maupun layanan penunjang lainnya. Oleh karena itulah kegiatan studi terhadap pelaksanan pemasaran dewasa ini diperlukan dalam upaya pembenahan pelaksanan pemasaran rumah sakit (Hospital Marketing). Pemasaran rumah sakit dilaksanakan dengan mejalankan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran (Marketing Mix). Pada penelitian ini dikaji tentang pelaksanaan pemasaran di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan terutama dalam pelaksanaan strategi bauran pemasaran. Metode penelitian ini adalah penelitian survey yang bersifat analisis deskriptif terhadap pemakaian bauran pemasaran pada pelaksanaan pemasaran di rumah sakit swasta. Sedangkan dari segi waktu penelitian ini bersifat cross sectional. Pengambilan data menggunakan wawancara dengan acuan kuisioner yang ditujukan kepada petugas pelaksana pemasaran dan penanggung jawab pelaksaanaan pemasaran di rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran yang dilakukan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan belum secara optimal dilakukan. Hal ini ada beberapa penyebab diantaranya yaitu organisasi pemasaran belum tertata secara baik, organisasi pemasaran belum mempunyai visi dan misi pemasaran secara baik. Pada pelaksanaan strategi pemasaran Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan tidak melaksanakan segmentasi dan pemilihan pasar sasaran, sedangkan untuk posisi persaingan rumah sakit berupaya menjadi rumah sakit dengan pelayanan cepat, bermutu dan terjangkau. Sedangkan dalam pembuatan taktik pemasaran rumah sakit sudah melakukan bauran pemasaran. Bauran pemasaran yang telah dilakukan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan dengan menggabungkan variabel harga, produk dan place yang dilaksanakan untuk meningkatkan kuantitas penggunaan pelayanan. Sedangkan untuk variabel personil dipisahkan karena hal ini tidak berkaitan langsung. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan perlu melakukan pembenahan organisasi pemasarannnya. Serta menyempurnakan stategi pemasaran yang lebih baik.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK FKM 17 10 Kis s
Uncontrolled Keywords: Hospital Marketing, Marketing Mix, Marketing Strategy.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: Pidato Guru Besar
10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Kismoko, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 28 Sep 2016 00:27
Last Modified: 28 Sep 2016 00:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40215
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item