PERAN ILMU BEDAH KHUSUSNYA BEDAH KEPALA LEHER DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA

R. Martako Marmowinoto (1994) PERAN ILMU BEDAH KHUSUSNYA BEDAH KEPALA LEHER DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-grey-2011-marmowinot-20345-pg5910-k.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
426. 40254-ilovepdf-compressed.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada acara akademis seperti ini, kesempatan mengemukakan pemikiran dan asupan mengenai pengembangan suatu cabang ilmu dengan berbagai permasalahannya dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Perkenankanlah saya menyampaikan pidato peresmian saya dengan judul : PERAN ILMU BEDAH KHUSUSNYA BEDAH KEPALA LEHER DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA PENDAHULUAN Pada pertengahan tahun 1968, didalam rapat staf Bagian/UPF Ilmu Bedah FK Unair/RSUP Dr. Soetomo Surabaya yang dipimpin oleh dr. R. Soetoyo (aim.), untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul di Bedah Kepala dan Leher maka dibentuk seksi Bedah Kepala dan Leher. Pada waktu itu yang ditunjuk sebagai pimpinan saya sendiri, saya sanggup dan mengusulkan senior lain untuk membantunya. Memang pada waktu itu banyak timbul masalah, terutama kanker rongga mulut, parotis, maksila, mandibula, tiroid. kulit kepala, dsb. Juga banyak fraktur-fraktur di daerah mandibula, maksila yang tidak diperhatikan Dengan alat-alat yang sederhana pelan-pelan kami rintis suatu sistim kerja yang manusiawi. Suatu saat kami ke Jakarta bertemu dengan Prof. Djamalludin untuk studi banding, ternyata juga sama, Komentar Prof. Djamalludin, Head and Neck lebih baik dipegang oleh seorang ahli Bedah. Dengan bekal yang sangat minim kita mengelola Head and Neck Surgery di Surabaya. Pada bulan Agustus-September 1968, datanglah suatu tim dari Universitas Kobe akan meneliti infeksi di ruang bedah RS Dr. Soetomo, pimpinannya dr. Hideo Kubota, seorang Ahli Bedah Kepala Leher. Selma 2 bulan kita manfaatkan operasi di daerah kepala dan leher seperti : RND (Radical Neck Dissection), Commando. parotis, maksila, mandibulla, tiroid, kulit kepala, dsb. Jadi proyek dari mereka selesai dan kita mendapat pengalaman permulaan yang baik. Salah satu yang berkesan adalah operasi-operasi yang sangat cepat untuk RND, dia lakukan antara 1 � 12 jam, memang dia excellent.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG 59 10 Mar p
Uncontrolled Keywords: ilmu bedah
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RD Surgery > RD520-599.5 Surgery by region, system, or organ
Divisions: Pidato Guru Besar
01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Bedah Umum
Creators:
CreatorsNIM
R. Martako MarmowinotoUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 28 Sep 2016 00:36
Last Modified: 20 Jun 2017 16:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item