PENYAKIT JANTUNG BAWAAN (PJB): PENYEBAB, FAKTOR RESIKO, DAN PROGNOSA

A.M. Prasodo, - (1993) PENYAKIT JANTUNG BAWAAN (PJB): PENYEBAB, FAKTOR RESIKO, DAN PROGNOSA. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-grey-2011-prasodoam-20759-pg7610-k.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
434. 40265-ilovepdf-compressed.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kardiologi anak mulai berkembang sejak didirikannya seksi Kardiologi di Laboratorium/UPF Anak RSUD Dr. Soetomo pada tanggal 29 September 1969, dengan bekal sarana klinis (EKG, X-ray) dan baru pada tahun 1973 dilakukan pemeriksaan Kateterisasi Jantung, dan Angiokardiografi. Pada tahun 1981 dimulai pemeriksaan non invasif dengan M mode Echocardiografi yang kemudian disusul dengan pemeriksaan 2 D Echo, Doppler Echo dan Color Doppler Echo. Dengan perkembangan yang pesat dalam teknologi ini maka banyak kelainan jantung bawaan dapat terdiagnosa secara non invasif. Bahkan sekarang dengan adanya Fetal-Echo Cardiography, kelainan jantung dapat dideteksi di dalam kandungan (intra uterine). Kemajuan dalam diagnostik berjalan bersama dengan kemajuan dalam teknologi, juga banyak kemajuan telah dicapai dalam hal pembedahan. Mau tidak mau kita dituntut untuk mengikuti arus perkembangan ini. Dengan tim yang kompak, dengan dedikasi yang tinggi dan terdidik, dengan sarana yang cukup memadai, kita berharap penatalaksanaan PJB akan lebih baik. Nasib dari seorang anak dengan PJB sudah banyak berubah bila dibandingkan dengan 2 dasa warsa yang lalu. Sekarang penderita dengan NB yang telah dioperasi telah menjadi dewasa, menikah dan mempunyai keturunan. Mereka merupakan kelompok masyarakat tersendiri dengan problemnya masing-masing. Ini yang kita lihat di negara-negara yang sudah maju.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG 76/10 Pra p
Uncontrolled Keywords: penyakit jantung
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: Pidato Guru Besar
01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
A.M. Prasodo, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 27 Sep 2016 08:12
Last Modified: 20 Jun 2017 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40265
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item