INKONTINENSIA URINE PERLU PENANGANAN MULTI DISIPLIN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP

Soetojo, - (2008) INKONTINENSIA URINE PERLU PENANGANAN MULTI DISIPLIN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-grey-2009-profdrsoet-10890-abstrak-o.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
444. 40276-ilovepdf-compressed.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Inkontinensia urine adalah keluarnya urine tanpa disadari, tidak bisa ditahan yang menimbulkan masalah kesehatan, sosial, higine dan ekonomi, biasanya orang Jawa menyebutnya dengan istilah Beser. Inkontinensia urine merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada laki-laki maupun perempuan, baik anak-anak, dewasa, maupun orang tua.17,22,28 Pada wanita lebih banyak dibandingkan laki-laki, terutama pada wanita yang sudah tua, banyak anak, pernah mengalami operasi di daerah panggul, yang menderita penyakit kencing manis atau penyakit saraf. Inkontinensia urine jarang dikeluhkan oleh pasien atau keluarga karena dianggap sesuatu yang biasa, malu atau tabu untuk diceritakan pada orang lain maupun pada dokter, dianggap sesuatu yang wajar tidak perlu diobati. Inkontinensia Urine bukan penyakit, tetapi merupakan gejala yang menimbulkan gangguan kesehatan, sosial, psikologi serta dapat menurunkan kualitas hidup. Dampak negatif dari Inkontinensia Urine adalah dijahui orang lain karena berbau pesing, minder, tidak percaya diri, timbul infeksi di daerah kemaluan, pemborosan uang untuk pemeliharaan kesehatan, tidak bisa beraktivitas dengan baik sehingga pendapatan menurun, tidak nyaman dalam hubungan seksual akhirnya dapat menurunkan kualitas hidupnya. Banyak pasien Inkontinensia Urine yang datang terlambat ke dokter sehingga pada umumnya sudah dalam kondisi yang memprihatinkan, perlu penanganan yang baik dari multi disiplin untuk meningkatkan kualitas hidup. Terdapat banyak penyebab dan jenis terjadinya Inkontinensia Urine. Oleh karena itu, dokter dari multidisiplin ilmu perlu mengetahui penyebab dan jenis Inkontinensia Urine tersebut supaya dapat melakukan penatalaksanaan dan tindakan yang benar.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG 81/10 Soe i
Uncontrolled Keywords: Inkontinensia Urine
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
R Medicine > RC Internal medicine > RC870-923 Diseases of the genitourinary system. Urology
Divisions: Pidato Guru Besar
01. Fakultas Kedokteran > Urologi
Creators:
CreatorsEmail
Soetojo, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 29 Sep 2016 01:58
Last Modified: 20 Jun 2017 17:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40276
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item