PENGARUH MOTIF RASIONAL DAN EMOSIONAL, SERTA STATUS SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NOKIA 6111 DI SURABAYA

LUCKY WINDYANTI, 040013435 E (2007) PENGARUH MOTIF RASIONAL DAN EMOSIONAL, SERTA STATUS SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NOKIA 6111 DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-windyantil-4837-b4207-p.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-windyantil-4837-b4207-p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aria tidaknya pengaruh yang signifikan antara motif rasional dan emosional, serta status sosial terhadap keputusan pembelian nokia 6111 secara simultan dan parsial, serta untuk mengetahui faktor apa dari motif rasional dan emosional, serta status sosial yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian nokia 6111. Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Assael. Dimana Assael (1998: 67) mengembangkan suatu tipologi dari proses pengambilan keputusan yang berdasarkan pada dua dimensi, yaitu tingkat pengambilan keputusan dan tingkat keterlibatan dalam pembelian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, yang diolah melalui program SPSS for windows Release 12 dan pengujian hipotesis dilakukan melalui t test dan F test. Model Regresi liner berganda dalam penelitian in adalah : Y = - 0.006+ 0.223X1 + 0.333X2 + 0.251X3 Berdasarkan analisis yang dilakukan, dari responden yang berjumlah 100 orang, diperoleh alai Fhitung sebesar 37.953 dimana lebih besar dari Fcabe1 2.699 pada taraf kepercayaan 95%, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa motif rasional dan emosional, serta status sosial secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian nokia 6111. Sedangkan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variabel motif rasional, faktor motif emosional dan status sosial masing-masing memiliki thitung yang lebih besar dari t Label 1.985 pads taraf kepercayaan 95°,/0, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor ini secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian responden. Motif emosional merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian responden dengan nilai standardized coefficients atau beta wight (Pi) sebesar 0.399. Hasil analisis model regresi menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi R adalah 0.737 yang menunjukkan hubungan yang kuat antara variabel-variabel motif rasional, motif emosional dan status sosial terhadap keputusan pembelian responden. Sedangkan nilai koefisien determinasi R Square (R2) adalah 0.543 yang berarti bahwa pengaruh variabel-variabel motif rasional, motif emosional dan status sosial terhadap keputusan pembelian responden adalah sebesar 54.3%, sisanya sebesar 45.7% dipengaruhi variabel lain diluar 3 variabel bebas yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.42/07 Win p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LUCKY WINDYANTI, 040013435 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEFFENDIE, Prof. Dr., S.E.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 15 Jun 2007 12:00
Last Modified: 20 Jul 2017 22:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/403
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item