MODEL PEMBELAJARAN SEMINAR GROUP DAN PEMANFAATAN MEDIA AUDIOVISUAL (VCD dan CD ROM)DALAM MENUNJANG KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN

Fatimah, S.Si., M.Kes and Edy Setiti Wida Utami, Dra., M.S and Junairiah, S.Si., M.Kes (2004) MODEL PEMBELAJARAN SEMINAR GROUP DAN PEMANFAATAN MEDIA AUDIOVISUAL (VCD dan CD ROM)DALAM MENUNJANG KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN. UNIVERSITAS AIRLANGGA, -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
462. 40329-ilovepdf-compressed.pdf

Download (957kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mata kuliah fisiologi tumbuhan adalah mata kuliah wajib pada program studi biologi yang dipetakan pada semester V. Kompleksnya materi yang disajikan dalam kuliah ini membutuhkan strategi dalam tranfer pengetahuan dari pengajar kepada mahasiswa. Mata kuliah ini lebih menjelaskan pada proses fisiologis yang terjadi dalam tubuh tumbuhan. Proses tersebut sulit dipahami sebab kurangnya alat atau sarana untuk visualisasi. Oleh karena itu dibutuhkan metode untuk visualisasi serta pemberian contoh konkret aplikasi maupun penanganan masalah-masalah yang terkait dengan keadaan fisiologis tumbuhan. Hasil evaluasi proses belajar mengajar 2 tahun terakhir menunjukkan bahwa keberhasilan penyerapan materi dengan indikator nilai hasil belajar masih sangat rendah. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang lebih efektif dan berorientasi pada peran aktif mahasiswa. Dalam hibah pengajaran ini diterapkan model pembelajaran seminar group dengan menampilkan contoh kasus (hasil-hasil penelitian dan tulisan ilmiah populer) dalam menangani masalah-masalah yang terkait dengan fisiologi tumbuhan. Di samping seminar, pembelajaran didukung oleh sarana multimedia dengan memanfaatkan CD-ROM serta video sehingga mahasiswa akan lebih mudah menangkap dan menyerap materi dan konsep fisiologi tumbuhan beserta aplikasinya dengan interpretasi yang benar. Manfaat lain yang akan diperoleh adalah mahasiswa akan mendapatkan informasi terkini serta mempunyai kemampuan berpikir dan komunikasi yang lebih baik .

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.34/07 Fat m
Uncontrolled Keywords: Fisiologi Tumbuhan
Subjects: Q Science > QK Botany > QK710-899 Plant physiology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Fatimah, S.Si., M.KesUNSPECIFIED
Edy Setiti Wida Utami, Dra., M.SUNSPECIFIED
Junairiah, S.Si., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 28 Oct 2016 20:47
Last Modified: 20 Jun 2017 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40329
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item