UPAYA MENURUNKAN ANGKA KESAKITAN ATAU KEMATIAN BAYI MELALU1 DETEKSI GBS (GROUP B STREPTOCOCCUS) DI LIANG VAGINA PEREMPUAN HAMIL

Prihatini, Dr., dr., SpPK-K and Puspa Wardhani, dr (2005) UPAYA MENURUNKAN ANGKA KESAKITAN ATAU KEMATIAN BAYI MELALU1 DETEKSI GBS (GROUP B STREPTOCOCCUS) DI LIANG VAGINA PEREMPUAN HAMIL. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-authorprih-6422-lp01_08-k.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-authorprih-6422-lp01_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari beberapa pustaka dilaporkan bahwa koloni GBS (group B Streptococcus ) di liang vagina wanita hamil dengan usia kehamilamn sekitar 32-37 minggu dapat menimbulkan angka kesakitan dan kematian pada bayi yang dilahirkan .Di Indonesia ( RSU dr Soetomo Surabaya ) belum pernah dilaporkan hal tersebut,oleh karena itu kami bermaksud melakukan penelitian apabila hal tersebut terbukti perlu dilakukan pencegahan khusus pada ibu hamil usia > 32 minggu. Tujuan penelitian memperoleh informasi lebi awal apakah sewaktu kehamilan terdapat kolonisasi GBS yang mengakibatkan kesakitan atau kematian neonates . Besar sampel yang diteliti: 47 sampel , lokasi penelitian ,poli hamil RSU Dr Soetomo dan laboratorium Patologi Klinik RSU Dr Soetomo . Sumber data berasal dari hasil pengumpulan data pemeriksaan di laboratorium Patologi Klinik RSU Dr Soetomo . Ciri sampel berasal ibu hamil > 32 minggu,tidak terdapat tanda sepsis demam atau tanda premature rupture membrane (prm). Analisis data :observasional cross sectional ,dilakukan pemeriksaan kultur sampel berasal dari liang vagina, serviks dan anorektal. Hasil yang diperoleh di osteum serviks sebagian besar flora normal yaitu Lactobacillus 91,5% , E.coli 93,6% dan Streptococcus nonhemolyticus 19 %. Pada penelitian ini tidak atau belum ditemukan group B Streptococcus mungkin hal tersebut tidak terdeteksi karena jumlahnya sangat sedikit atau tertutup oleh flora normal maupun candida.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK LP 01/08 Pri u
Uncontrolled Keywords: MENURUNKAN ANGKA KESAKITAN; MENURUNKAN KEMATIAN BAYI; DETEKSI GBS
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ251-325 Newborn infants Including physiology, care, treatment, diseases
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Prihatini, Dr., dr., SpPK-KUNSPECIFIED
Puspa Wardhani, drUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 01 Oct 2016 03:06
Last Modified: 01 Oct 2016 03:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40473
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item