KARAKTERISASI PROTEIN D-ENDOTOXIN DARI Bacillus thuringiensis SUBSPESIES Israelensis SEROTIPE H-14 SEBAGAI BIOINSEKTISIDAL LALAT

Agus Sunarso, drh and Iwan Sahrial Hamid, M.Si., drh (2008) KARAKTERISASI PROTEIN D-ENDOTOXIN DARI Bacillus thuringiensis SUBSPESIES Israelensis SEROTIPE H-14 SEBAGAI BIOINSEKTISIDAL LALAT. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-authorsuna-7300-lp30_08-k.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-authorsuna-7032-lp30_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Isolasi dan identifikasi Bacillus thuringiensis subspesies Israelensis serotipe H-14 bertujuan untuk memberikan informasi ilmiah tentang fraksi protein 8-endotoksin yang mampu berfungsi sebagai insektisida pada stadium larva dan dewasa dari beberapa spesies lalat. Isolat bakteri Bacillus thuringiensis subspesies. Israelensis serotipe H-14 dengan kode industri Bt. PS201L1 NRRL B-18750 dalam bentuk sheat kristal kering diperoleh dari Koppert Canada Limited. Bakteri selanjutnya perlu dibangkitkan aktivitasnya dan ditumbuhkan pada medium pertumbuhan. Koloni yang tumbuh kemudian diisolasi dan diperiksa di bawah mikroskop untuk memastikan bentuk bakteri. Untuk mengetahui aktifitas fungsional bakteri dilakukan uji biokimiawi dengan TSIA, SIM, Sitrat, Urease, MR/VP, Gula-gula, Glukosa, Laktosa, Maltosa, Manosa, Sukrosa, Dulsitol, Dekstrose, Raminose, Ratinose, Arabinose, Inulin, Salisin. Isolasi dan identifikasi protein bakteri dilakukan dengan mengambil dari koloni yang tumbuh pada medium biakan dan dimasukkan ke PBS, selanjutnya disentrifugasi dan substrat siap untuk diseparasi berdasarkan berat molekulnya dengan SDS-PAGE. Demikian pula dengan toksin yang disekresikan diambil dari medium cair, kemudian dilakukan presipitasi dengan Ammonium Sulfat jenuh sama banyak selama 24 jam pads suhu 4° C. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ditemukan berat molekul protein dari whole bakteri Bacillus thuringiensis subspesies israelinsis sebesar 103, 90, 78 dan 57 kDa dan berat molekul protein hasil presipitasi sebesar 103, 90, 78, 57, 53, 44, dan 33 kDa. Berat molekul protein tunggal 8-endotoksin sebesar 103 kDa yang diduga mempunyai aktifitas sebagai insektisidal alami.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK-2 LP 30/08 Sun k
Uncontrolled Keywords: Isolasi, identifikasi, Bacillus thuringiensis subspesies Israelensis serotipe H-14, protein 8-endotoksin, SDS-PAGE, berat molekul protein.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Agus Sunarso, drhUNSPECIFIED
Iwan Sahrial Hamid, M.Si., drhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 28 Oct 2016 23:21
Last Modified: 28 Oct 2016 23:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40485
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item