MIGRASI INTERNASIONAL TENAGA KERJA INDONESIA ASAL JAWA TIMUR STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN TKI DI LUAR NEGERI

I B. Wirawan, Drs. SU and Tuti Budi Rahayu, Dra. M.Si and Siti Mas'udah, S.Sos (2008) MIGRASI INTERNASIONAL TENAGA KERJA INDONESIA ASAL JAWA TIMUR STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN TKI DI LUAR NEGERI. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-authorwira-6761-kkblp1-k.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
508. 40498.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meskipun banyak berita yang memilukan tentang TKI dalam dekade terakhir, tetapi ide untuk menghentikan pengiriman TKI ke luar negeri, bukanlah solusi yang cerdas, pada saat kondisi negara sarat pengangguran. Penelitian ini dikerjakan untuk menjawab pokok permasalahan tentang ; faktor-faktor apa yang menyebabkan sebagian TKI sukses di luar negeri, dan mengapa sebagian TKI gagal bekerja di luar negeri. Untuk tujuan itu, telah diwawancarai sebanyak 300 orang TKI yang sedang mudik dengan cam availability sampling di tiga kabupaten di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebagian besar TKI bekerja secara legal dan sebagian kecil yang bekerja secara illegal di luar negeri. Faktor-faktor yang menyebabkan TKI sukses ; karena, jenis pekerjaan di negara tujuan cocok dengan keterampilan sebelumnya yang dimiliki TKI; gaji yang besar, dan pembayaran gaji tepat waktu. Sementara mereka yang gagal disebabkan oleh; gaji yang tidak pernah dibayar oleh majikan ; dan karena dipermainkan oleh Teikong dan Majikan, akhirnya dideportasi, serta karena, gaji habis untuk ganti rugi kerusakan barang milik Majikan saat bekerja.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP 101/ 08 Wir m
Uncontrolled Keywords: Keberhasilan, kegagalan , TKI legal, TKI Ilegal, Teikong
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1050-1060 By Region
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
I B. Wirawan, Drs. SUUNSPECIFIED
Tuti Budi Rahayu, Dra. M.SiUNSPECIFIED
Siti Mas'udah, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 30 Oct 2016 19:30
Last Modified: 21 Jun 2017 18:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40498
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item