ANALISIS PENGARUH SIKAP, NORMA SUBYEKTIF, KONTROL PERILAKU, PERSEPSI MANFAAT, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP NIAT KONSUMEN MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MELAKUKAN BELANJA ONLINE KEMBALI DI SURABAYA

HANDITYA AGUNG BACHTIAR, 040418689 (2009) ANALISIS PENGARUH SIKAP, NORMA SUBYEKTIF, KONTROL PERILAKU, PERSEPSI MANFAAT, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP NIAT KONSUMEN MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MELAKUKAN BELANJA ONLINE KEMBALI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-bachtiarha-15853-abstrakb-a.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Internet merupakan jaringan global yang luas dan terus berkembang yang menghubungkan para pengguna komputer di seluruh penjuru dunia. Sedangkan dalam dunia bisnis, internet berfungsi sebagai medium yang menghubungkan pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka menciptakan proses atau sistem bisnis yang lebih efektif dan efisien. Salah satu bentuk pemanfaatan internet adalah sebagai media untuk melakukan belanja online. Belanja online merupakan pembelian produk barang dan atau jasa yang dilakukan melalui komputer yang tersambung dengan internet. Survei Nielsen Global Online 2007 menempatkan Indonesia di posisi ke-13 dari 14 negara Asia-Pasifik dengan 51 persen populasi pengguna Internet yang pernah berbelanja secara online. Pada riset sebelumnya, yakni pada 2005, Indonesia berada di posisi paling buncit dengan jumlah pembeli hanya 42 persen dari populasi pengguna Internet. Terkait dengan konsep studi perilaku konsumen, teori perilaku terencana, dan model penerimaan teknologi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memprediksi niat konsumen dalam menggunakan internet untuk kembali melakukan belanja secara online yang berhubungan dengan variabel sikap, norma subyektif, kontrol perilaku, persepsi manfaat dan persepsi kemudahan. Dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 100 responden dengan syarat mereka pernah melakukan belanja online. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Uji validitas dengan cara membaca nilai Corrected Item to Total Correlation, sedangkan uji reliabilitasnya dengan teknik Cronbach Alpha. Semuanya dilakukan dengan menggunakan program SPSS v. 13 for windows. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t diperoleh bahwa seluruh hipotesis dapat diterima. Hal ini mengindikasikan terdapat pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun parsial antara variabel sikap, norma subyektif, kontrol perilaku, persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap niat konsumen menggunakan internet untuk melakukan belanja online kembali. Hasil analisis koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas dalam penelitian ini mampu menjelaskan niat konsumen menggunakan internet untuk melakukan belanja online kembali sebesar 75,4% dan sisanya sebesar 24,6% dipengaruhi oleh variabel–variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 118/10 Bac a
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER RELATIONS; INFORMATION SERVICES
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1125-1345 Machine shops and machine shop practice
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
HANDITYA AGUNG BACHTIAR, 040418689UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorY.Lilik Rudianto, Drs.MBA.,ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 08 Mar 2011 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 18:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4063
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item