PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN KONSUMEN TERHADAP STORE IMAGE DAN PERSEPSI KONSUMEN PADA PRODUK PRIVATE LABEL CARREFOUR DI SURABAYA (Studi Pada Produk Private Label Kategori Bahan Makanan)

ELLYANA SURYA WIJAYA, 040510694 (2009) PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN KONSUMEN TERHADAP STORE IMAGE DAN PERSEPSI KONSUMEN PADA PRODUK PRIVATE LABEL CARREFOUR DI SURABAYA (Studi Pada Produk Private Label Kategori Bahan Makanan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-suryawelly-16155-abstrakb-p.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-suryawelly-13553-b8610s-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyaknya jumlah retailer membuat konsumen semakin selektif dalam memilih toko yang akan dipilih sebagai tempat berbelanja. Apalagi konsumen mulai menyadari bahwa mereka akan mendapat hasil yang hampir sama di tiap toko tersebut. Hal ini yang memicu terjadinya kompetisi ketat antar retailer yang kemudian mendorong mereka untuk lebih memperhatikan dan memahami konsumennya. Seiring dengan perkembangan pasar yang ada konsumen sering membuat keputusan pembelian mereka berdasarkan store image daripada hanya berdasarkan pada atribut-atribut secara fisik. Konsumen cenderung akan memilih sebuah retail yang memiliki store image yang baik daripada retailer yang memiliki store image yang negatif. Image dari sebuah retail sendiri dapat diinterpretasikan dalam tingkatan status sosial-ekonomi konsumen. Status sosial-ekonomi konsumen dapat mempengaruhi harapan-harapannya terhadap suatu toko dan merek sehingga dapat mempengaruh sikap, prioritas dan perilaku berbelanja mereka. Tingkat pendapatan yang berbeda juga dapat mempengaruhi konsumen dalam pemilihan merek. Hal ini kemudian memicu terjadi pergeseran kekuatan dalam industri retailing yaitu dari merek nasional menjadi trade brand (private label atau store brand) dimana efisiensi akan menjadi sebuah keharusan bagi retail agar dapat menyiapkan produk yang murah dan berkualitas untuk konsumen. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh dari tingkat pendapatan konsumen terhadap store image dan persepsi konsumen pada produk private label Carrefour di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis faktor dan uji validitas-reliabilitas menggunakan program SPSS 15.0 serta analisis jalur dengan program AMOS 4.01. Hasil analisis menunjukkan keseluruhan hipotesis diterima dengan tingkat signifikansi hipotesis pertama dan ketiga sebesar 0,000 serta hipotesis kedua sebesar 0,019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 86/10 Sur p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ELLYANA SURYA WIJAYA, 040510694UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Gunawan, DBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 14 Mar 2011 12:00
Last Modified: 18 Oct 2016 23:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4071
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item