JALINAN KISAH ANAK-ANAK PENGEMIS DALAM NOVEL KETIKA LAMPU BERWARNA MERAH KARYA HAMSAD RANGKUTI

Heru Supriyadi, Drs. and Eddy Sugiri, Drs., M.Hum (2008) JALINAN KISAH ANAK-ANAK PENGEMIS DALAM NOVEL KETIKA LAMPU BERWARNA MERAH KARYA HAMSAD RANGKUTI. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-supriyadih-6786-lp126_0-k.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-supriyadih-6786-lp126_0-k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Novel Ketika Lampu Berwarna Merah menarik untuk diteliti karena di dalamnya ada imajinasi masyarakat yang penuh pertentangan atau sering disebut dengan kesenjangan sosial. Novel tersebut merupakan proyeksi dari perbedaan sosial yang begitu tajam pada masyarakat secara umum, yaitu kesenjangan masyarakat marginal dengan masyarakat kapital. Selain itu Novel ketika Lampu Berwarna Merah menggambarkan kesenjangan sosial masyarakat pedesaan yang kehidupannya sangat bersahaja dengan masyarakat perkotaan (kota metropolitan) yang kehidupannya penuh dengan kemewahan dan modern. Penelitian ini merumuskan 2 hal, yaitu: (1) Bagaimanakah struktur teks Novel Ketika Lampu berwarna merah karya Hamsad Rangkuti?, dan (2) Bagaimanakah jalinan sikap anak-anak pengemis atau latar belakang sosial budaya masyarakat yang melatarbelakangi lahirnya Novel Ketika Lampu Benvarna Merah? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber referensi berupa studi kepustakaan yang dipilih berdasarkan isi yang relevan dengan permasalahan. Sedangkan sumber data primer yang dipakai dalam penelitian ini adalah teks Novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti. Berdasarkan kajian terhadap struktur teks Ketika Lampu Berwarna Merah dapat diketahui problematika masing-masing tokoh yang semuanya saling berkaitan sehingga menjadi dinamika tokoh. Selain itu digambarkan pula bahwa masyarakat kecil selalu kalah dalam segala hal menghadapi penguasa yaitu pemerintah.

Item Type: Other
Additional Information: kkb kk-2 lp 126/08 Sup J
Uncontrolled Keywords: Novel; Anak-anak pengemis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Heru Supriyadi, Drs.UNSPECIFIED
Eddy Sugiri, Drs., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 24 Oct 2016 18:01
Last Modified: 24 Oct 2016 18:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40722
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item