Genotip virus hepatitis C pada penderita yang menjalani hemodialis sebagai populasi beresiko tinggi tertular virus hepatitis C di Surabaya, Indonesia

Retno Handajani and Mochammad Thaha and Ira Humaira (2012) Genotip virus hepatitis C pada penderita yang menjalani hemodialis sebagai populasi beresiko tinggi tertular virus hepatitis C di Surabaya, Indonesia. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2013-handajanir-27247-lp.10-13-g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
handajanir.pdf

Download (561kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Infeksi Virus Hepatitis C (VHC) masih menjadi masalah kesehatan di dunia termasuk di Indonesia. Dari tahun ke tahun, tdar banyak tl:rdell:ksi pcngidap penderita infeksi kronik VHC di seluruh dunia. Virus Hepatitis VHC dapat ditularkan secam parenteral. I;nderita penyakit yang sedang menjaiani hemodialisis merupakan salah satu kelc.n1pok penderita yang beresiko tinggi tertular infeksi VHC. Genotip tertentu VHC dilaporkan ikut bcrperan pada perjalanan infeksi virus hepatitis tersebut. Saat ini diketahui ada 6 genotipVHC didunia dan masing-masing genotip terdiri dari beberapa sUbtipe dengan penyebaran yang berbeda pada daerah geografi yang berbeda. Dikemukakan bahwa pada keadaan akut infeksi VHC sering tanpa gejala, sehingga sekitar 85% dari penderita yang terinfeksi VHC menjadi kronis. Prevalensi infeksi VHC cukup tinggi dan bervariasi pada penderita yang sedang menjalan: hemodiali~is di berbagai negara dan infeksi VHC ini akan memperpendek umur penderita yang sedang menjalani hemodialisis. Dengan mempertimbangkan hal-hal t~rsebut diatas, maka dirasakan perlu dilakukan penelitian Genotip Virus Hepatitis C pad a penderita yaog sedang menjalani hemodialisis sebagai populasi beresilw tinggi tertular VHC di Surabaya, Indonesia.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK LP.10/13 Han g tanpa keterangan gelar
Uncontrolled Keywords: Hemodialisis, resiko tinggi, Virus Hepatitis C, genotip.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Retno HandajaniUNSPECIFIED
Mochammad ThahaUNSPECIFIED
Ira HumairaUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 05 Oct 2016 05:24
Last Modified: 05 Oct 2016 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40806
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item