Pengembangan sediaan orally disintegrating tablet (ODT) piroksikam dengan metode Frezee Drying

Bambang Widjaja, Drs.,M.Si.,Apt and Juniar Moechtar, Dra.,M.Si.,Apt and Dwi Setyawan, S.Si.,M.Si (2012) Pengembangan sediaan orally disintegrating tablet (ODT) piroksikam dengan metode Frezee Drying. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
widjajabam.pdf

Download (918kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada peneIitian ini, dilakukan optimasi formula sediaan orally disintegrating tablet (ODT) piroksikam menggunakan metode freeze drying. Penelitian ini merupakan inovasi sediaan farmasi bentuk padat yang nyaman, aman dan berkualitas, ditujukan terutama untuk pasien pediatrik, geriatrik, pasien yang terbaring karena sakit. Optimasi dilakukan dengan rancangan faktorial 22 dengan mengamati pengaruh gelatin sebagai pengikat dengan kadar 1% dan 2% serta disintegran ECG 505 dengan kadar 2,5% dan 7,5%. Bahan pengisi yang digunakan adalah manitol yang juga berfungsi sebagai pemanis. Campuran tersebut disuspensikan dan di beku keringkan menggunakan freeze dryer. Tablet yang dihasilkan dievaluasi secara fisik meliputi kekerasan, kerapuhan, waktu hancur dan laju disolusinya. Sifat kristal, mikrostruktur internal tablet dianalisa menggunakan Powder X-Ray Diffractometer (P,xRO) dan Scanning Electrone Microscope (SEM), sedangkan terjadinya interaksi antar bahan dievalusi menggunakan Difforential Thermal Analyzer (DTA). Hasil evaluasi mutu fisik tablet menunjukkan bahwa formula yang dibuat dapat menghasilkan tablet yang memenuhi spesifikasi kekerasan, waktu hancur dan % terlarut tetapi tidak dapat memenuhi spesifikasi kerapuhan. Analisis dengan PXRD dan OTA menunjukkan terjadinya penurunan derajat kristalinitas piroksikam pada OOT yang dibuat, sedangkan fotomikrograf SEM menunjukkan bahwa tablet yang terbentuk mempunyai struktur yang porous.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP.34/13 Wid p
Uncontrolled Keywords: Orally disintegrating tablets (ODT), piroxicam, freeze drying, characterization, physical quality oftablets
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Bambang Widjaja, Drs.,M.Si.,AptUNSPECIFIED
Juniar Moechtar, Dra.,M.Si.,AptUNSPECIFIED
Dwi Setyawan, S.Si.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:57
Last Modified: 06 Oct 2016 04:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40851
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item