Model kebijakan penyadapan berdimensi Hak Asasi Manusia dalam penanggulangan tindak pidana korupsi

Amira Paripurna, SH.,LL.M and Didik Endro Purwoleksono, Prof.Dr.,SH.,MH (2012) Model kebijakan penyadapan berdimensi Hak Asasi Manusia dalam penanggulangan tindak pidana korupsi. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
paripurnaa.pdf

Download (429kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyadapan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum di Indonesia memiliki dua aspek yang :wntradiktif. Di satu sisi, penggunaan metode penyadapan dalam proses penyidikan adalah sa penting karena dapat dengan mudah mengumpulkan bukti yang dapat digunakan untuk preses pembuktian. Akan tetapi di sisi lain akan proses penyadapan yang dilakukan tanpa procedure pelaksanaan yang benar dapat berpotensi besar terhadap pelanggaran hak asasi manusia terutama pada hak-hak privasi. Sebenarnya telah banyak pengaturan yang diberikan oleh pemerintah dalam hal tata cara dan procedure melakukan penyadapan tetapi masih tersebar dalam beberapa produk perundangundangan, baik legeslasi ataupun regulasi. Semua peraturan tersebut dapat dikatakan masih bellum harmonis antara satu dengan lainnya sehingga sangat berpotensi terjadinya konflik antara norma-norma yang terkandung didalamnya. Akuntabilitas dan mekanisme control bagi para penegak hukum dalam menggunakan kewenangan dan mekanisme complain atas pelanggaran yang dilakukan oleh aparat adalah dua contoh perihal yang sangat signifikan berkaitan dengan penyadapan. Penelitian hokurn ini bertujuan untuk mencari formulasi yang terbaik bagi standard pelaksanaan dan penggunaan rnetode penyadapan yang berdasarkan pad;:: hak asasi rnanusia.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP.45/13 Par m
Uncontrolled Keywords: Interception, Human Right, Corruption
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7431 Prevention of crime, methods, etc.
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Amira Paripurna, SH.,LL.MUNSPECIFIED
Didik Endro Purwoleksono, Prof.Dr.,SH.,MHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:51
Last Modified: 06 Oct 2016 04:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40862
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item