Uji Aktivitas anti-osteoporosis dari baleria lupulina dan kombinasi latihan fisik pada mencit untuk menghambat peningkatan ketidakseimbangan remodeling tulang

Rr. Retno Widyowati, S.Si,Apt.,M.Pharm and MANGESTUTI AGIL, Dr. Hj., MS., Apt and Hening Laswati Putra, Dr.,dr.,Sp.RM (2012) Uji Aktivitas anti-osteoporosis dari baleria lupulina dan kombinasi latihan fisik pada mencit untuk menghambat peningkatan ketidakseimbangan remodeling tulang. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-widyowatir-27368-lp.46-13-u.pdf

Download (663kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia mempunyai kekayaan hayati yang melimpah, salah satunya adalah tanaman obat. Pemanfaatan tanaman obat Indonesia masih belum optimal. Landik, Barleria lupulina, adalah salah satu tanaman obat Indonesia yang mempunyai kandungan senyawa aktif berupa iridoid glikosida, fenilpropanoid glikosida, lignin glikosida dan benzil alkohol glikosida yang berpotensi sebagai anti-diabetes, anti-inflamasi, herpes simplex, dan anti-mikroba. Dari hasil penelitian sebelumnya diketahui bahwa baik ekstrak etanol 70% maupun fraksi butanol dan air dari tanaman terse but mampu meningkatkan aktivitas dari enzim alkaline fosfatase yang merupakan marker dari sel osteoblas (formasi tulang) secara in vitro. Selain itu juga Ekstrak etanol 70% dan kombinasi latiharl fisik daTi tanaman ini juga mampu meningkatkan kepadatan tulang secara in vivo yang ditunjukkan dengan peningkatan ketebalan tulang trabekular dari femur mencit sebesar 5,7 ± 0,8 untuk ekstrak etanol 70% tanaman tersebut dengan dosis sebesar 2,8 mg/kgBB dan 6,8 ± 0,8 untuk ekstrak tersebut yang disertai dengan kombinasi latihan fisik (P < 0,01).

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP.46/13 Wid u
Uncontrolled Keywords: ANTI-OSTEOPOROSIS DARI BARLERIA LUPULINA DAN KOMBINASI LATIHAN FISIK PADA MENCIT
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Rr. Retno Widyowati, S.Si,Apt.,M.PharmUNSPECIFIED
MANGESTUTI AGIL, Dr. Hj., MS., AptUNSPECIFIED
Hening Laswati Putra, Dr.,dr.,Sp.RMUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:52
Last Modified: 06 Oct 2016 04:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40864
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item