Pemodelan kurva pertumbuhan balita pada kartu menuju sehat (KMS) berdasarkan pendekatan regresi nonparametrik multirespon dengan menggunakan program OSS-r (Studi kasus balita di Surabaya)

Nur Chamidah, S.Si.,M.Si and Toha Saifudin, S.Si.,M.Si (2012) Pemodelan kurva pertumbuhan balita pada kartu menuju sehat (KMS) berdasarkan pendekatan regresi nonparametrik multirespon dengan menggunakan program OSS-r (Studi kasus balita di Surabaya). UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
chamidahnu.pdf

Download (532kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan fisik balita dapat dinilai berdasarkan ukuran anthropometrik yaitu berat badan. tinggi badan dan lingkar kepala terhadap umur. Hal ini berarti bahwa pertumbuhan fisik balita akan lebih realistik jika dimodelkan secara simultan yaitu menggunakan pemodeJan multi-respon yang memperhatikan korelasi antar respon. Kurva pertumbuhan balita mempunyai kecenderungan naik pesat selama 12 bulan pertama, kemudian pertumbuhan mulai melambat pada tahun-tahun berikutnya. Pada tahun pertama penelitian ini bertujuan mengestimasi secara teoritis pemodelan regresi nonparametrik multirespon berdasarkan estimator Spline dan estimator Kernel serta menerapkannya pada data balita di Surabaya untuk mengestimasi kurva pertumbutian balita pada Kartu Menuju Sehat (KMS) dengan menggunakan OSS-R. Berdasarkan data balita di Surabaya tahun 2010, hasil estimasi kurva pertumbuhan pada persentil 50 berdasarkan estimator P-Spline diperoleh nilai mean squared error (MSE) sebesar 0,405 dan nilai R2 sebesar 99,48 % sedangkan berdasarkan estimator Kernel diperoleh MSE sebesar 0,056 dan nilai R2 sebesar 99,99 %. Hasil estimasi tersebut, menunjukkan bahwa estimator Kernel lebih baik dalam mengestimasi kurva pertumbuhan balita tersebut. Plot kurva pertumbuhan balita pada KMS baik berdasarkan estimator t>-Spline dan Kernel sarna-sarna memperlihatkan sedikit lebih tinggi dibandingkan KMS balita yang saat ini digunakan di Indonesia yang dikeluarkan oleh NCHS (National Center for Health Statistics) Amerika Serikat. Hal ini mengindikasikan bahwa KMS yang dikeluarkan NCHS mungkin tidak sesuai dengan kondisi rata-rata balita di Surabaya.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.12/13 Cha p
Uncontrolled Keywords: mUlti-response modeling, P-Spline Estimator, Kernel Estimator, OSS-R, KMS
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Nur Chamidah, S.Si.,M.SiUNSPECIFIED
Toha Saifudin, S.Si.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:49
Last Modified: 06 Oct 2016 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40880
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item