PTEKS bagi masyarakat kelompok penggemukan sapi potong menggunakan pakan tape jerami, growth promotor empon-empon dan pengolahan pupuk bokhasi dan pupuk cair ramah lingkungan

Dewa Ketut Meles, Prof.Dr.,drh.,MS and Masúd Hariadi, Prof.drh.H.,M.Phil.,PhD and Kadek Rachmawati, drh.,MKes and Tri Siwi Agustina, SE.,MM (2012) PTEKS bagi masyarakat kelompok penggemukan sapi potong menggunakan pakan tape jerami, growth promotor empon-empon dan pengolahan pupuk bokhasi dan pupuk cair ramah lingkungan. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-melesdewak-27442-lp.32-13-p.pdf

Download (537kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ipteks bagi Masyarakat (IbM) dilakukan oleh staf pengajar Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, yaitu untuk menjawab permasalahan belum diketahui dan belum memanfaatkan 1) sapi po tong Peranakan Limousin dan Peranakan Simmental merupakan jenis sapi potong cepat pertumbuhannya 2) jerami padi sebagai pakan temak 3) cara mengolah jerami padi menjadi tape jerami 4) pengolahan growth promotor asal tanarnan empon-empon dan temu-temuan dan 5) pembuatan limbah kotoran sapi menjadi pupuk ramah lingkungan. Tujuan dari IbM adalah (1) Pengolahan jerami padi menjadi tape jerami sebagai pakan temak yang bergizi dan berenergi (2) Pengolahan growth promotor untuk temak (3) peningkatan berat badan sapi potong local, Peranakan Ongol, Peranakan Limousin dan Peranakan Simmental perhari menggunakan pakan tape jerami dan growth promotor (4) Pengolahan kotoran menjadi pupuk ramah lingkungan. Manfaat dari IbM adalah meningkatkan SDM dan pendapatan masyarakat dengan menekan biaya produksi pada penggemukan sapi potong. Metode yang digunakan IbM adalah pendidikan dan pelatihan penggemukan sapi Peranakan Limousin dan SimmentaI menggunakan pakan tape jerami dan growth promotor, pengolahan pupuk ramah lingkungan pada anggota UMKM sapi potong Sumber Rejeki di Kabupaten Bojonegoro dengan melibatkan 5 orang mahasiswa. Hasil IbM pada UMKM sapi potong Sumber Rejeki Kabupaten Bojonegoro adalah peningkatan berat badan sapi perhari antara sapi lokal, Peranakan Ongol, Peranakan Limousin dan Peranakan Simmental menggunakan pakan tape jerami dan growth promotor tanaman obat masing-masing rata-rata 0,586 kg, 0,841 kg, 1,738 kg dan 2,066 kg. Kesimpulan dari IbM pada UMKM sapi potong Sumber Rejeki Kabupaten Bojonegoro adaIah penggemukan sapi potong peranakan Simmental memberikan peningkatan berat badan perhari tertinggi, disusul dengan Peranakan Limousin, Peranakan Ongol dan sapi lokal.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.32/13 Mel p tanpa abstrak
Uncontrolled Keywords: Pakanjerami, growth promoter, sapi Lokal, sapi PO, Limousin dan Simmental
Subjects: Q Science > QP Physiology > QP501-801 Animal biochemistry
S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Dewa Ketut Meles, Prof.Dr.,drh.,MSUNSPECIFIED
Masúd Hariadi, Prof.drh.H.,M.Phil.,PhDUNSPECIFIED
Kadek Rachmawati, drh.,MKesUNSPECIFIED
Tri Siwi Agustina, SE.,MMUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:15
Last Modified: 06 Oct 2016 03:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40902
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item