Kematian Sel Otak Masa Embrional yang Tercemar Karbofuran dalam Menurunkan Fungsi Reflek dan Motorik Anak Mencit (Mus musculus)

Epy Muhammad Luqman, Drh., M.Si and Widjiati, Dr., M.Si., Drh (2011) Kematian Sel Otak Masa Embrional yang Tercemar Karbofuran dalam Menurunkan Fungsi Reflek dan Motorik Anak Mencit (Mus musculus). UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-luqmanepym-27689-lp03-12-k.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mekanisme terjadinya penurunan reflek dan motorik pada janin induk yang tercemar karbofuran selama kebuntingan. Penurunan reflek dan motorik tersebut disebabkan kematian sel neuron pada masa perkembangan otak. Penelitian eksperimental laboratoris ini menggunakan 120 ekor mencit dan karbofuran disuntikan secara gavage dengan fraksi dosis LDso pada mencit pada umur kebuntingan 6 -15 hari. Pada umur kebuntingan 17 induk mencit dikorbankan dan otak janin diambil untuk diukur kadar malonidialdehid (MDA) dan superoksid dismutase (SOD) serta dibuat sediaan histopatologik. Pemeriksaan preparat mikroskopik dilakukan dengan cara menghitung jumlah sel nekrosis. Hasil penghitungan sel nekrosis diambil nilai rerata dan ditabulasi serta disajikan secara deskriptif Dan penelitian ini didapatkan: dosis LDso insektisida karbofuran pada mencit sebesar 0,5 mg. Kadar choline esterase, total protein serum induk, otak janin dan SOD otak janin dari induk yang dipapar insektisida karbofuran pada kebuntingan hari ke 6 hingga hari ke 15 mengalami penurunan seiring dengan dosis yang diberikan. Terdapat peningkatan kadar malonidialdehid (MDA) dan sel nekrotik otakjanin dad induk yang dipapar insektisida karbofuran pada kebuntingan hari ke 6 hingga hari ke 15 seiring dengan dosis yang diberikan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 03/12 Luq k
Uncontrolled Keywords: Cell death, Carbofuran, fetal brain, motoric
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Epy Muhammad Luqman, Drh., M.SiUNSPECIFIED
Widjiati, Dr., M.Si., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 19 Oct 2016 23:39
Last Modified: 19 Oct 2016 23:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40970
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item