BIOREMEDIASI TANAH TERCEMAR MINYAK MENGGUNAKAN KONSORSIUM MIKROBA

Ni’matuzahroh, Dr and Agus Supriyanto, Drs., M.Kes. and Moch. Affandi, Drs., M.Si. and Fatimah, S.Si., M.Kes. (2009) BIOREMEDIASI TANAH TERCEMAR MINYAK MENGGUNAKAN KONSORSIUM MIKROBA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-nimatuzahr-27819-lp204--b.pdf

Download (718kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Minyak merupakan salah satu sumber contaminan utama di permukaan tanah Pencemaran minyak di tanah telah menimbulkan masalah yang berarti bagi lingkungan Bioremediasi tanah tercemar minyak menggunakan konsorsium mikroba diusulkan menjad: metoda altematif dalam penanganan limbah minyak. Penelitian bertujuan untuk 1) mendapatkan mikroba indigenus dari kelompok bakteri dan khamir yang berpotensi mendegradasi hidrokarbon minyak dari berbagai lokasi tercemar minyak; 2) mengetahui pengaruh kombinasi jenis mikroba, konsentrasi inokulum mikroba, dan waktu inkubasi dalam bioremediasi tanah tercemar minyak; 3) dan mengetahui efektivitas penambahan jenis mikroba, jenis nutrisi, jenis biosurfaktan dan gabungan metode bioaugmentasi, biostimulasi dan penambahan biosurfak1:an untuk mengoptimalkan proses bioremediasi. Mikroba potensial pendegradasi minyak (bakteri dan khamir) diisolasi dari tanah tercemar minyak di lokasi pengeboran minyak Desa Wonocolo dan Depo Penamina Surabaya. Konsorsium mikroba dibuat dengan mencampurkan mikroba potensial hasil isolasi dengan variasi jenis dan konsentrasi inokulum. Penambahan nutrisi menggunakan jenis organik (pupuk kotoran ayam dan pupuk kandang) dan anorganik (NPK). Biosurfaktan yang diujikan adalah biosurfaktan bakteri Pseudomonas dan Acinetobacter hasil isolasi dari sumur minyak Wonocolo yang dikoleksi di Laboratorium Mikrobiologi F. Saintek Unair. Penelitian dilakukan dalam skala laboratorium dengan sampel tanah yang diambil dari lokasi sumur minyak di Bojonegoro (tanah tercemar minyak) dan tanah yang tidak terce mar minyak (tanah subur dan pasir) Bioremediasi dilakukan dengan variasi konsorsium mikroba potens;al, nutrisi. biosurfaktan dan gabungan ketiganya. Penelitian dilakukan secara suksesif selama 6 bulan dengan pengaturan kelembapan tanah. Pengambilan data dilakukan seminggu sekal i dengan menghitung jumlah sel mikroba heterotrofik, mikroba hidrokarbonoklastik, mengetahu i dominansi mikroba yang berperan dalam proses biodegradasi, pengukuran kadar minyak di tanah dan pengukuran faktor lingkungan tanah.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 204/11 Nim b
Uncontrolled Keywords: BIOREMEDIASI TANAH TERCEMAR MINYAK MENGGUNAKAN KONSORSIUM MIKROBA
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD878-894 Special types of environment. Including soil pollution, air pollution, noise pollution
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Ni’matuzahroh, DrUNSPECIFIED
Agus Supriyanto, Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Moch. Affandi, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Fatimah, S.Si., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 21 Oct 2016 17:37
Last Modified: 21 Oct 2016 17:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41013
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item