PENGARUH KESEPIAN TERHADAP PEMILIHAN PASANGAN HIDUP PADA DEWASA AWAL YANG MASIH LAJANG

Adonai Filisia Arumdina, 110810171 (2013) PENGARUH KESEPIAN TERHADAP PEMILIHAN PASANGAN HIDUP PADA DEWASA AWAL YANG MASIH LAJANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
cover _ abstrak_daftar isi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adonai Filisia Arumdina, 110810171. Pengaruh Kesepian Terhadap Pemilihan Pasangan Hidup Pada Dewasa Awal yang Masih Lajang, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. xix + 125 halaman, 8 lampiran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesepian terhadap pemilihan pasangan hidup pada dewasa awal yang masih lajang. Menjalin hubungan yang intim (berarti) dengan seseorang merupakan suatu tahapan penting karena hal ini berhubungan dengan tugas perkembangan yaitu pemilihan pasangan hidup (Santrock, 2002). Jika individu kurang dalam mendapatkan kepuasan hubungan intim (berarti) dengan seseorang maka dapat menimbulkan kesepian (Hudaniah & Dayakisni, 2003). Sehingga dapat membuat seseorang untuk melakukan pemilihan pasangan hidup agar mendapatkan hubungan yang berarti dengan seseorang dan kesepian tersebut dapat teratasi. Penelitian ini dilakukan pada 35 para dewasa awal yang masih lajang, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 22 sampai 33 tahun. Pemilihan subjek dilakukan secara insidental sampling yang diperoleh pada lokasi area food court salah satu mall di Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala. Variabel Kesepian diukur dengan menggunakan skala kesepian yang dibuat oleh penulis dengan mengacu pada dua dimensi kesepian dari Weiss (1973).Sedangkan variable pemilihan pasangan hidup diukur dengan. menggunakan skala pemilihan pasangan hidup yang dibuat sendiri oleh penulis dengan mengacu pada dua teori pemilihan pasangan hidup yaitu Reiss’s Wheel Theory of Love dan The Filter Theory. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji regresi linier sederhana, dengan bantuan program SPSS 20 for Window. Dari hasil analisis penelitian diketahui besarnya nilai F= 5,473 dengan P= 0,026 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu ada pengaruh kesepian yang signifikan terhadap pemilihan pasangan hidup pada dewasa awal yang masih lajang. Dilihat dari koefisien determinasi ( ) maka untuk kesepian dapat memberikan kontribusi dalam memprediksi nilai pemilihan pasangan hidup sebesar 14,2% adapun persamaan garis regresinya Y=76,684 – 0,176X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Koleksi Ruang Baca Psikologi
Uncontrolled Keywords: kesepian, pemilihan pasangan hidup, dewasa awal yang masih lajang.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Adonai Filisia Arumdina, 110810171UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrihastuti, Dra., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Ubay Ubaidillah
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:30
Last Modified: 09 Aug 2016 04:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41116
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item