PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPATUHAN FORMAL WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI NON KARYAWAN PADA KPP PRATAMA SURABAYA GENTENG

RIZKY HANANDA NUGROHO, 040811607 (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPATUHAN FORMAL WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI NON KARYAWAN PADA KPP PRATAMA SURABAYA GENTENG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.compressed.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
600. 41147-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepatuhan Wajib Pajak merupakan tujuan utama pelayanan prima, oleh sebab itu setiap aparatur pelayanan berkewajiban untuk berupaya memuaskan pelanggannya. Kepatuhan pelanggan dapat dicapai apabila aparatur pelayanan dapat mengidentifikasi hal-hal yang menjadi keinginan pelanggan. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada Wajib Pajak terutama peningkatkan kinerja pegawai dengan meningkatkan kualitas pelayanan diharapkan dapat memenuhi kepatuhan pelanggan (Wajib Pajak). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan prima terhadap kepatuhan formal Wajib Pajak orang pribadi non karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh antara kualitas layanan yang diberikan oleh petugas terhadap kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang menggunakan perhitungan statistik dalam untuk menguji hipotesis. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode survei dengan menggunakan kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan adalah dengan skala likert lima tingkatan. Banyaknya sampel yang diambil sebesar 100 orang Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan. Untuk menjawab tujuan dan hipotesis penelitian digunakan model analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, dan tanggung jawab secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng. Secara parsial variabel perhatian dan tanggung jawab mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Genteng, sedangkan variabel kemampuan, sikap, penampilan, dan tindakan tidak memiliki pengaruh signifikan. Dengan kondisi tersebut, disarankan perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya sesuai dengan kompetensinya melalui pendidikan dan latihan, sehingga semua unit pada kantor pelayanan pajak dapat memberikan pelayanan yang mumpuni, tepat waktu dan akurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.229/16 Nug p
Uncontrolled Keywords: pelayanan prima, kepatuhan formal, wajib pajak orang pribadi non karyawan, kantor pelayanan pajak.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
RIZKY HANANDA NUGROHO, 040811607UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHeru Tjaraka, , Dr., SE., M.Si., BKP., Ak., CA,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:39
Last Modified: 21 Jun 2017 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41147
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item