ANALISIS PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN DENGAN METODE SERVICE BLUEPRINT DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA RAWAT INAP RUANG MARWAH RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA

BAGUS PRATAMA SUSANTO, 041112321 (2016) ANALISIS PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN DENGAN METODE SERVICE BLUEPRINT DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA RAWAT INAP RUANG MARWAH RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
611. 41159-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan yang saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok dari tiap individu. Salah satu institusi pelayanan kesehatan yang menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan pada masyarakat adalah RSU Haji Surabaya. Persaingan yang semakin tinggi antar instansi rumah sakit, membuat RSU Haji Surabaya untuk terus mengembangkan diri dengan menyelenggarakan pelayanan yang berkualitas, untuk memberikan kepuasan bagi pasien sebagai konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja atribut kualitas jasa yang diharapkan dan diinginkan oleh pasien RSU Haji Surabaya dan membuat rancangan perbaikan guna meningkatkan kualitas jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quality function deployment melalui dimensi service blueprint. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa terdapat 5 atribut yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan yaitu, dokter mendengarkan dan merespon keluhan pasien dengan baik, perawat memasangkan gelang barcode dan melakukan pengecekan kembali apakah sudah sesuai dengan identitas pasien, prosedur pelayanan pendaftaran terhadap pasien cepat dan mudah dipahami, perawat melakukan identifikasi gelang sebelum pemberian pengobatan, pengambilan darah, dan specimen lain untuk pemeriksaan klinis, perawat ruangan menerima pasien dengan ramah dan memberikan salam serta memperkenalkan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.194/16 Sus a
Uncontrolled Keywords: Service blueprint, quality function deployment, kualitas jasa, dan perbaikan kualitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
BAGUS PRATAMA SUSANTO, 041112321UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFebriana Wurjaningrum, SE., MTUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 12 Aug 2016 03:15
Last Modified: 02 Jul 2017 17:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41159
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item