PENGARUH KOMITMEN KARIR TERHADAP KEPUASAN KARIR DENGAN PERSEPSI EMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERATOR DI BANK MUAMALAT CABANG DARMO SURABAYA

IRSYADITA HARDANI, 041112202 (2016) PENGARUH KOMITMEN KARIR TERHADAP KEPUASAN KARIR DENGAN PERSEPSI EMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERATOR DI BANK MUAMALAT CABANG DARMO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
617. 41167.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
618. 41167-abstrak-ilovepdf-compressed-ilovepdf-compressed.pdf

Download (21kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan karir dapat terpenuhi jika karyawan mampu mencapai karir yang diinginkan, melalui pengembangan keahlian serta ide-ide yang baru untuk memajukan perusahaan. Timbunya persepsi emosi sebagai mediator antara komitmen karir dan kepuasan karir ditunjukkan dengan karyawan yang memiliki persepsi emosi yang tinggi yaitu ketika karyawan mampu mengendalikan emosi serta mengesampingkan permasalahan pribadi agar tidak mengganggu kinerja karyawan lain. Ketika kepuasan karyawan terlaksana secara langsung dalam karirnya maka terdapat niat yang rendah untuk keluar dari perusahaan sehingga hal tersebut berdampak pada minat karyawan untuk terus bertahan dan mempunyai komitmen karir yang tinggi terhadap karir yang dijalani saat ini hingga masa mendatang. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan pengaruh signifikan antara komitmen karir dan kepuasan karir dengan persepsi emosi sebagai variabel moderator. Sampel yang digunakan sebanyak 78 responden. Analiasis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa komitmen karir berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karir dengan nilai koefisien path sebesar 0.531. Kemudian pengujian hipotesis diperoleh nilai TStatistic = 5.023 dengan tingkat signifikansi 0,000. Nilai t statistic lebih besar dari nilai Z α = 0,05 (10%) = 1,96 dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Sedangkan pengaruh antara komitmen karir dengan variabel moderasi persepsi emosi terhadap kepuasan karir diperoleh nilai koefisien path sebesar 0.208. Sehingga, peran moderasi persepsi emosi memperkuat pengaruh komitmen karir terhadap kepuasan karir. Pengujian hipotesis diperoleh nilai T-Statistic = 2.252 dengan tingkat signifikansi 0,025. Nilai t statistic lebih besar dari nilai Z α = 0,05 (10%) = 1,96 dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Dari hasil ini dapat dikatakan persepsi emosi memoderasi pengaruh komitmen karir terhadap kepuasan karir. Sebagai upaya untuk meningkatkan kepuasan karir karyawan dapat dilakukan dengan cara memberikan kesempatan dalam mengembangkan karir, pengetahuan yang dimiliki serta tidak membatasi ide-ide dalam mengembangkan perusahaan sehingga akan tercipta komitmen yang tinggi untuk tetap berkarir di perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.197/16 Har p
Uncontrolled Keywords: Career commitment, Career satisfaction, Emotion perception, PLS Analysis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
IRSYADITA HARDANI, 041112202UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNuri Herachwati, Dra. Ec., M.Si., M.Sc,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 12 Aug 2016 06:06
Last Modified: 02 Aug 2017 18:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41167
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item