RESPONS HARGA ASET TERHADAP SHOCK ARUS MODAL MASUK, NILAI TUKAR DAN SUKU BUNGA: STUDI KASUS 16 NEGARA EMERGING MARKET

RACHMAN GUSWARDI, 041211131135 (2016) RESPONS HARGA ASET TERHADAP SHOCK ARUS MODAL MASUK, NILAI TUKAR DAN SUKU BUNGA: STUDI KASUS 16 NEGARA EMERGING MARKET. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
C.97-16 Gus r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aliran arus modal di negara berkembang dan emerging market di dunia semakin hari semakin meningkat. Namun, krisis yang terjadi pada tahun 2008 dan tahun 2011 memunculkan kekhawatiran bagi pemilik modal. Serangkaian kebijakan telah dilakukan di beberapa negara emerging market untuk mengambil langkah-langkah kehati-hatian dalam mengontrol arus modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon harga aset terhadap shock yang ditimbulkan oleh arus modal masuk, suku bunga dan nilai tukar serta menganalisis kontribusi shock arus modal masuk, suku bunga dan nilai tukar terhadap harga aset di 16 negara emerging market (India, Brazil, Rusia, Indonesia, Republik Afrika Selatan, Meksiko, Thailand, Korea Selatan, Kolombia, Filipina, Mesir, Hong Kong, Peru, Ceko, Bangladesh, Hungaria) pada tahun 2001-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan model Panel Vector Auto Regression. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama shock positif dari arus modal masuk yang akan mempengaruhi harga aset, kedua bahwa shock positif dari suku bunga yang akan mempengaruhi harga aset, ketiga bahwa shock positif dari nilai tukar yang akan mempengaruhi harga aset. Variabel yang memiliki konstribusi terbesar dalam mempengaruhi harga aset adalah nilai tukar yang selanjutnya suku bunga dan yang terkecil adalah arus modal masuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C.97/16 Gus r
Uncontrolled Keywords: Arus modal masuk, Nilai tukar, Suku Bunga, Harga Aset, Emerging, Market, Panel Vector Auto Regression
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
RACHMAN GUSWARDI, 041211131135UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRossanto Dwi Handoyo, S.E., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:23
Last Modified: 12 Aug 2016 07:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41181
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item