PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF : METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK SEKOLAH DASAR MENGENAI PERILAKU BULLYING PENELITIAN PRA-EXPERIMENTAL

YUNI TRISTIAN CAHYANI EKA PUTRI, 131111018 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF : METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK SEKOLAH DASAR MENGENAI PERILAKU BULLYING PENELITIAN PRA-EXPERIMENTAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKK-min.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP.N.95-16 Put p-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bullying adalah perilaku agresif dan negatif dalam lingkungan sosial yang dilakukan secara sengaja dan berulang. Kejadian bullying yang berulang dikarenakan rendahnya pengetahuan tentang bullying dan sikap masyarakat yang menganggap remeh perilaku ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar tentang perilaku bullying. metode penelitian ini adalah penelitian pra-experimental (one group pra-post test design). Populasinya adalah siswa kelas 4 dan 5 di SDN Ngampel 3 Papar Kediri. Didapatkan sampel sebanyak 31 responden dengan tehnik purposie sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran STAD. Variabel dependennya adalah pengetahuan dan sikap. Alat ukurnya menggunakan kuesioner dengan analisa data menggunakan uji statistic Wilcoxon signed rank test dengan signifikasi p<0.05. Hasil penelitian menunjukkan nilai p untuk pengetahuan adalah p=0.000 (p<0.05) dan nilai p untuk sikap adalah p=1.000 (p>0.05). Kesimpulannya adalah ada pengaruh pembelajaran kooperatif STAD terhadap pengetahuan anak usia sekolah mengenai bullying di SDN Ngampel 3 Papar Kediri, sedangkan untuk sikapnya tidak ada pengaruh pembelajaran kooperatif STAD terhadap sikap anak usia sekolah mengenai bullying di SDN Ngampel 3 Papar Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.95/16 Put p
Uncontrolled Keywords: Bullying, Student Teams Achievment Division (STAD), anak usia sekolah, pengetahuan dan sikap
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
YUNI TRISTIAN CAHYANI EKA PUTRI, 131111018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNuzul Qur’aniati, S.Kep.,Ns, M.NgUNSPECIFIED
Thesis advisorIqlima Dwi Kurnia, S.Kep.,Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:46
Last Modified: 05 Jun 2017 21:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41200
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item