PENGARUH STORYTELLING MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ISLAM MARYAM SURABAYA PENELITIAN PRA EKSPERIMENT

M. FATHUR ROHMAN, 131111057 (2016) PENGARUH STORYTELLING MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ISLAM MARYAM SURABAYA PENELITIAN PRA EKSPERIMENT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP.N.99-16 Roh p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Perilaku cuci tangan pada anak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam mencegah penyakit yang penyebarannya melalui tangan. Kurangnya informasi terhadap cuci tangan menyebabkan kurangnya perhatian perilaku cuci tangan pada anak. Hal ini terjadi karena metode pendidikan kesehatan untuk mengajarkan cuci tangan belum dapat dijelaskan. Storytelling media boneka tangan merupakan salah satu metode pendidikan kesehatan yang bisa mengatasi hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh storytelling media boneka tangan terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan anak dalam mencuci tangan. Metode: Penelitian ini adalah penelitian pra-experimen menggunakan pretest posttest one group. Sampel penelitian adalah anak usia usia prasekolah (4-6 tahun) di TK A TK Islam Maryam Surabaya sebanyak 44 anak yang diambil melalui teknik purposif sampling. Storytelling media boneka tangan sebagai variabel independen dan pengetahuan, sikap, dan tindakan anak dalam mencuci tangan adalah variabel dependen. Data yang terkumpul menggunakan kuisoner dan lembar observasi. Kemudian data dianalisis menggunkan wilcoxon signed rank test dengan derajat signifikansi p<0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling media boneka tangan mempunyai pengaruh terhadap pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,02), dan tindakan (p=0,000). Diskusi: Storytelling media boneka tangan memiliki efek yang signifikan terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan tindakan anak dalam mencuci tangan. Storytelling media boneka tangan direkomendasikan untuk dapat diterapkan sebagai pendidikan kesehatan dalam meningkatkan perilaku cuci tangan pada anak usia prasekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.99/16 Roh p
Uncontrolled Keywords: cuci tangan, storytelling, boneka tangan, usia prasekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3401-3495 School hygiene. School health services
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene, Including clothing, bathing, exercise, travel, nutrition, sleep, sex hygiene
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
M. FATHUR ROHMAN, 131111057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYuni Sufyanti Arief, S.Kp, M.KepUNSPECIFIED
ContributorHerdina Mariyanti, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:18
Last Modified: 05 Jun 2017 21:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41204
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item