PENGARUH MENGKONSUMSI BUAH PISANG AMBON (Musa paradisiaca var. sapientum) TERHADAP LATENSI DAN DURASI TIDUR LANSIA HIPERTENSI DI KELURAHAN MULYOREJO SURABAYA PENELITIAN TIME SERIES

SELVI RIA RISTANIA, 131111072 (2016) PENGARUH MENGKONSUMSI BUAH PISANG AMBON (Musa paradisiaca var. sapientum) TERHADAP LATENSI DAN DURASI TIDUR LANSIA HIPERTENSI DI KELURAHAN MULYOREJO SURABAYA PENELITIAN TIME SERIES. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP.N.100-16 Ris p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lansia hipertensi sering melaporkan bahwa latensinya memanjang dan durasi tidurnya kurang bila dibandingkan dengan lansia yang sehat. Meningkatnya latensi dan memendeknya durasi tidur akan berdampak buruk terhadap kesehatan, karena dapat menyebabkan kerentanan terhadap penyakit, stres, konfusi, disorientasi, gangguan mood, kurang fresh, menurunnya kemampuan membuat keputusan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh mengkonsumsi buah pisang ambon terhadap latensi dan durasi tidur pada lansia hipertensi di Kelurahan Mulyorejo Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode time series one group pre-test post test design. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah lansia hipertensi di RW 2 dan RW 3 Kelurahan Mulyorejo Surabaya. Besar sampel sebanyak 15 responden yang diambil dengan teknik total sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah mengkonsumsi buah pisang ambon, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah latensi dan durasi tidur pada lansia hipertensi. Peneliti memonitor setiap hari latensi, durasi, dan tekanan darah pada lansia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan signifikansi α = 0,05. Dari hasil uji statistik Wilcoxon menunjukkan bahwa mengkonsumsi pisang ambon dapat mempengaruhi latensi tidur (p=0,009) dan durasi tidur (p=0,001). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mengkonsumsi buah pisang ambon dapat memperpendek latensi dan memperpanjang durasi tidur pada lansia hipertensi. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan pisang ambon untuk memperbaiki gangguan pemenuhan kebutuhan tidur yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.100/16 Ris p
Uncontrolled Keywords: Pisang ambon, latensi tidur, durasi tidur, lansia hipertensi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
S Agriculture > SB Plant culture > SB354-402 Fruit and fruit culture
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
SELVI RIA RISTANIA, 131111072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRetno Indarwati, S.Kep.Ns., M.KepUNSPECIFIED
ContributorElida Ulfiana, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:23
Last Modified: 05 Jun 2017 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41206
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item