PENGARUH PEMBERIAN SUSU KEDELAI (GLYCINE MAX) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT NYERI PADA PENDERITA GASTRITIS DI PUSKESMAS MOJO SURABAYA PENELITIAN QUASY-EXPERIMENTAL

APRIANA RAHMAWATI, 131111108 (2016) PENGARUH PEMBERIAN SUSU KEDELAI (GLYCINE MAX) TERHADAP PENURUNAN TINGKAT NYERI PADA PENDERITA GASTRITIS DI PUSKESMAS MOJO SURABAYA PENELITIAN QUASY-EXPERIMENTAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP.N.101-16 Rah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri yang terjadi sebagai gejala penyakit gastritis dapat memberikan efek negatif terhadap kondisi fisiologis dan psikologis tubuh. Pengobatan nyeri gastritis dengan menggunakan farmakoterapi dapat menyebabkan komplikasi. Susu kedelai (glycine max) merupakan solusi agar nyeri yang dirasakan oleh penderita gastritis dapat mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian susu kedelai terhadap penurunan tingkat nyeri pada penderita gastritis di Puskesmas Mojo Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental. Populasi yang digunakan adalah penderita gastritis di Puskesmas Mojo Surabaya dari bulan Januari hingga bulan Maret 2015 dengan total sampel 25 pasien berdasarkan teknik purposive sampling dan dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Variabel independen adalah pemberian susu kedelai dan variabel dependen adalah tingkat nyeri yang dirasakan oleh penderita gastritis. Data dikumpulkan menggunakan skala nyeri dan dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney U-test dengan nilai signifikansi α≤0,05. Hasil Wilcoxon Signed Rank Test pada kelompok perlakuan memberikan pengaruh yang signifikan (p=0,002) dan pada kelompok kontrol p=0,001 dikarenakan beberapa responden pada kelompok kontrol mengkonsumsi obat gastritis. Mann Whitney U-test menunjukkan hasil yang signifikan (p=0,037) antara kedua kelompok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian susu kedelai mempunyai pengaruh dalam menurunkan tingkat nyeri pada penderita gastritis. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk menggunakan skala nyeri yang lebih akurat untuk menilai tingkat nyeri pada penderita gastritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.101/16 Rah p
Uncontrolled Keywords: nyeri, penderita gastritis, susu kedelai
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD701-811 Orthopedic surgery
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
APRIANA RAHMAWATI, 131111108UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHarmayetty, S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
ContributorErna Dwi Wahyuni, S.Kep, Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:28
Last Modified: 05 Jun 2017 22:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41207
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item