PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN ANAK DALAM PENCEGAHAN DENGUE HEMORRHAGIC FEVER (DHF) PENELITIAN PRA-EKSPERIMENTAL

FARIDA CAHYA ARINI, 131111054 (2016) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN ANAK DALAM PENCEGAHAN DENGUE HEMORRHAGIC FEVER (DHF) PENELITIAN PRA-EKSPERIMENTAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FKP.N.105-16 Ari p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

DHF termasuk penyebab utama rawat inap dan kematian di kalangan anak-anak. Kejadian DHF yang masih tinggi tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain adalah kurangnya pengetahuan, sikap, dan tindakan anak mengenai pencegahan DHF. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan pendidikan kesehatan metode pembelajaran kooperatif TPS terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan anak dalam pencegahan DHF. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental (Onegroup pra-post test design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Putat Jaya II Surabaya pada bulan Mei 2015. Pengambilan sampel dengan tehnik total sampling. Responden dalam penelitian ini sejumlah 40 responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pendidikan kesehatan metode pembelajaran kooperatif TPS. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengetahuan, sikap, dan tindakan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisa menggunakan uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test untuk pengetahuan, sikap, dan tindakan dengan signifikansi α=0,05. Hasil uji statistik Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dengan metode pembelajaran kooperatif TPS mempengaruhi pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,046), dan tindakan (p=0,000) anak. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan tindakan anak dalam pencegahan DHF. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan kelompok kontrol, tindakan yang digunakan adalah keseluruan aspek dari 4M Plus, dan meneliti faktor-faktor lain dari faktor predisposisi, faktor pendorong, dan faktor pendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.105/16 Ari p
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Anak, Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3401-3495 School hygiene. School health services
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
FARIDA CAHYA ARINI, 131111054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNuzul Qur‟aniati, S.Kep., Ns., M.NgUNSPECIFIED
ContributorKristiawati, S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.AnUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:59
Last Modified: 06 Jun 2017 18:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41215
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item