GAMBARAN ANAK INDONESIA DALAM PROGRAM TELEVISI VARIETY SHOW “THE NEW EAT BULAGA INDONESIA” (ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP “THE NEW EAT BULAGA INDONESIA”)

WANUDYA YOGA AYU CHANDRA, 071211532012 (2016) GAMBARAN ANAK INDONESIA DALAM PROGRAM TELEVISI VARIETY SHOW “THE NEW EAT BULAGA INDONESIA” (ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP “THE NEW EAT BULAGA INDONESIA”). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.43-16 Cha g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini fokus pada penggambaran atau representasi anak Indonesia yang ditampilkan oleh televisi dalam variety show. Kemudian dikaitkan dengan konsep materialisme. Rumusan masalah yang berusaha dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran anak Indonesia yang diarahkan kepada materialisme pada program televisi “The New Eat Bualaga Indonesia”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui gambaran anak Indonesia yang diarahkan kepada materialisme dalam tayangan televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotik milik John Fiske, dengan tipe penelitian eksploratif, yang dilakukan untuk menjelaskan lebih dalam tentang gambaran anak Indonesia dalam tayangan variety show dan hubungannnya dengan materialism. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh melalui pembacaan tanda, telah diketahui bahwa anak-anak dalam tayangan “The New Eat Bulaga Indonesia” adalah sosok anak yang sengaja dibentuk sebagai pribadi yang berorientasi pada meteri. Bentuk segmen anak dalam “The New Eat Bulaga Indonesia” yang dibentuk sebagai ajang pencarian bakat serta game show, kemudian menuntut anak-anak bekerja keras menunjukkan bakat mereka demi uang. “The New Eat Bulaga Indonesia” menjadikan setiap tingkah polah anak sebagai alat untuk melanggengkan kapitalisme di masyarakat. Materi menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh seorang anak, dan dengan materi maka kebahagiaan, kesuksesan, serta ketenaran akan diperoleh oleh anakanak dengan mudah. Bukan lagi pendidikan yang menjadi fokus bagi anak, melainkan materi. Anak-anak tidak lagi menjadi anak yang lugu serta ceria, namun anak-anak yang bekerja keras demi menambah income keluarga, seperti yang dinginkan oleh para orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.43/16 Cha g
Uncontrolled Keywords: variety show, anak Indonesia, materialisme, kapitalisme
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
WANUDYA YOGA AYU CHANDRA, 071211532012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRachmah Ida, Prof., Dra., M.Comm., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 26 Aug 2016 09:00
Last Modified: 26 Aug 2016 09:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41242
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item