REPRESENTASI PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN WARDAH VERSI “GIRLS DAY OUT”, “EXCLUSIVE SERIES”, DAN “PERFECT MATCH”

AMALIA GHASSANI WURYANTO, 071211531031 (2016) REPRESENTASI PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN WARDAH VERSI “GIRLS DAY OUT”, “EXCLUSIVE SERIES”, DAN “PERFECT MATCH”. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.52-16 Wur r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi perempuan berhijab yang ditampilkan dalam Iklan Wardah versi“Girls Day Out”, “Exclusive Series”, dan “Perfect Match”. Wardah yang disebut sebagai „kosmetik halal‟ ini menampilkan perempuan berhijab sebagai talent dalam iklannya dengan memunculkan konstruksi kecantikan disertai keislaman. Penggambaran identitas perempuan berhijab dalam penelitian ini dianasilis dengan metode semiotik John Fiske. Sehingga analisis dilihat berdasarkan tiga level kode televisi yaitu, level realitas, representasi dan ideologi. Penelitian ini menggunakan teori representasi Stuart Hall, kecantikan, industri budaya, dan fashion. Sebagai hasilnya terlihat konstruksi keislaman perempuan berhijab dalam iklan Wardah dan identitas perempuan berhijab yang aktif, energik, ceria, memiliki konsep konstruksi kecantikan dan memperlihatkan fashion serta gaya hidup perempuan mainstream. Peleburan antara nilai spiritual dan dunia sekuler pun dimunculkan. Berdasarkan hasil tersebut, Wardah seakan ingin memperlihatkan perlawanan atas identitas perempuan berhijab yang seringkali dianggap sebagai sosok yang tertindas, inferior, dan terkekang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.52/16 Wur r
Uncontrolled Keywords: Perempuan berhijab, representasi, iklan, Islam, kecantikan, fashion.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ802.5 Matrimonial advertisements
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
AMALIA GHASSANI WURYANTO, 071211531031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKandi Aryani, S.Sos, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:57
Last Modified: 07 Jun 2017 17:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41252
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item