REPRESENTASI ETNISITAS DALAM IKLAN PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA WILAYAH PAPUA BARAT, DKI JAKARTA DAN SUMATERA UTARA

WAHYU AJI PRAKOSO, 071211531008 (2016) REPRESENTASI ETNISITAS DALAM IKLAN PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA WILAYAH PAPUA BARAT, DKI JAKARTA DAN SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.54-16 Pra r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi etnisitas yang ditampilkan dalam iklan pariwisata Wonderful Indonesia wilayah “Papua Barat”, “DKI Jakarta”, dan “Sumatera Utara”. Representasi etnisitas menjadi signifikan mengingat pembicaraan mengenai etnis merupakan hal yang tabu untuk diperbincangkan. Penelitian ini merupakan penelitian komunikasi karena representasi etnis dihadirkan oleh iklan dikonstuksi melalui teks-teks berupa tanda yang dimaknai. Rumusan masalah yang diangkat dari penelitian ini adalah representasi etnis yang dimunculkan dalam iklan melalui aspek fisik dan kerja kamera serta ideologi yang tampak dari representasi tersebut. Metode analisis yang digunakan oleh peneliti adalah analisis semiotik milik John Fiske yang mengkaji tentang produk audio visual melalui level realitas, representasi, dan ideologi. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa representasi etnisitas yang muncul di dalam iklan Wonderful Indonesia adalah primitif, peradaban, modern. Kehadiran etnis dalam iklan dijadikan sebagai salah-satu produk wisata selain mengandalkan pada keindahan alam. Etnis diproduksi untuk dijadikan komoditas wisata dalam memenuhi keinginan pasar khususnya bagi wisatawan di negara Barat. Ideologi yang tampak adalah ideologi kapitalisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.54/16 Pra r
Uncontrolled Keywords: Representasi, Etnisitas, Iklan, Semiotik, Pariwisata, Komodifikasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
WAHYU AJI PRAKOSO, 071211531008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSanti Isnaini,, Dr., S.S0s,. MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:08
Last Modified: 07 Jun 2017 18:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item