Kajian Kepenontonan (Spectatorship) Pada Komunitas Moviegoer Arek Nonton di Surabaya

NOVIA LARASATI, 071211531062 (2016) Kajian Kepenontonan (Spectatorship) Pada Komunitas Moviegoer Arek Nonton di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.58-16 Lar k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang studi kepenontonan (spectatorship) pada komunitas Arek Nonton di Surabaya. Arek Nonton sebagai satu-satunya komunitas penonton terbesar diJawa Timur yang memilih pergi kebioskop untuk menonton film (moviegoer) menepis budaya menonton film yang pada awalnya dikonsumsi secara individu dan menjadi sebuah aktivitas musiman (seasional). Menjadi sebuah aktivitas yang dikonsumsi secara berkelompok atau bersama-sama. Menjadi menarik ketika komunitas penonton ini mampu menciptakan dunianya sendiri terhadap film, yang ditumpahkan dalam media bioskop, kegiatan kepenontonan, dan imagined community atau sosial media facebook. Melalui penelitian ini, penulis ingin mendeskripsikan praktek-praktek kepenontonan pada komunitas Arek Nonton. Penelitian ini mengamati aktivitas atau praktek kepenontonan, perilaku individu sebagai penonton dan individu sebagai bagian dari komunitas penonton, baik mengamati secara langsung maupun melalui akun facebook dengan menggunakan metode deskriptif serta melakukan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil analisis, Arek Nonton sebagai komunitas penonton, menunjukkan bahwa kegiatan penonton lebih merujuk pada budaya menonton secara communal viewing yang ternyata masih happening dimasyarakat. Mengingat teknologi sudah modern sehingga dapat dilakukan secara individu, maka dengan adanya komunitas ini mewakili penonton film sebagai pecinta film sejati. Tidak hanya itu, sebagai penonton film pada komunitas ini ternyata tidak membatasi individunya untuk sekedar nonton bareng, tetapi mengembangkan individunya untuk menjadi kolektor, reviewer, dan movie maker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.58/16 Lar k
Uncontrolled Keywords: Spectatorship, Arek Nonton, Moviegoer
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
NOVIA LARASATI, 071211531062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Prof., Dra., M.Comm., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:43
Last Modified: 29 Aug 2016 02:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41258
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item