Analisis Strategi Public Relations Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya dalam Mempertahankan Citra Perusahaan

TIARA DINAR AULIA, 070915090 (2016) Analisis Strategi Public Relations Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Surabaya dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.60-16 Aul a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah Strategi Public Relations yang dilakukan oleh PDAM Kota Surabaya dalam mempertahankan citra perusahaan. PDAM Kota Surabaya dipilih karena merupakan perusahaan daerah sebagai penyalur air bersih yang digunakan oleh 90,02% masyarakat Surabaya dimana citra perusahaan terganggu oleh isu negatif. Humas PDAM Kota Surabaya mendapat tantangan untuk mempertahankan citra positif atas banyaknya keluhan negatif dan pemberitaan negatif dari masyarakat PDAM sebagai penyalur air bersih di Kota Surabaya dalam kurun waktu tahun 2013 – 2015. Penelitan ini menarik untuk diteliti karena kajian mengenai strategi public relations pada perusahaan daerah berbeda yaitu menerapkan prinsip GCG dalam implementasi strateginya. Tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah Citra Perusahaan, Public Relations serta Strategi Public Relations pada Perusahaan Pemerintah. Metode penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dan tipe penelitian deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan In Depth Interview kepada humas PDAM Kota Surabaya serta melakukan observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah humas melakukan kegiatan dalam mempertahankan citra perusahaan dengan menjalin hubungan baik dalam bentuk employee relations, investor relations, media relations, community relations dan goverment relations. Konsep strategi public relations PDAM Kota Surabaya terdiri dari research, planning, action (implementasi) dan evaluation yang merupakan satu bagian integral yang berkesinambungan dan saling berhubungan. Dalam tahap research humas PDAM Kota Surabaya melakukan media monitoring, hearing, mengidentifikasi permasalahan (keluhan / masalah), evaluasi program. Pada tahap planning humas PDAM Kota Surabaya melakukan perencanaan yang terdiri dari tiga tahap, yakni menetapkan tujuan dan sasaran, memformulasikan kegiatan dan memperhitungkan respon, kemudian menggunakan komunikasi efektif. Implementasi strategi public relations yang dilakukan oleh PDAM Kota Surabaya meliputi temu pelanggan, CSR (Corporate Social Responsibility), event dan campaign, dan media relations. Untuk mengkomunikasikannya, humas menggunakan media social (twitter, facebook, instagram) dan website. Pada tahap evaluasi, yang dilakukan humas adalah membuat laporan kegiatan program dimana terdapat bab evaluasi sebagai penilaian program baik positif atau negatif. Indikator evaluasi yang dilakukan PDAM Kota Surabaya adalah dengan menilai hasil dari kegiatan yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.60/16 Aul a
Uncontrolled Keywords: Citra Perusahaan, Public Relations, Strategi Public Relations, Perusahaan Daerah (BUMD)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
TIARA DINAR AULIA, 070915090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSanti Isnaini, Dr., S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:52
Last Modified: 07 Jun 2017 18:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41261
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item