DISKURSUS PEMBERITAAN MEDIA ONLINE MENGENAI KONTROVERSI PENYELENGGARAAN KONTES KECANTIKAN DI INDONESIA” (ANALISIS MEDIA DISCOURSE PADA PEMBERITAAN MEDIA ONLINE 2011-2015)

LIVIA MELDA CHRISTANTI, 071211531006 (2016) DISKURSUS PEMBERITAAN MEDIA ONLINE MENGENAI KONTROVERSI PENYELENGGARAAN KONTES KECANTIKAN DI INDONESIA” (ANALISIS MEDIA DISCOURSE PADA PEMBERITAAN MEDIA ONLINE 2011-2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.62-16 Chr d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi diskursus yang diartikulasikan media online tentang penyelenggaraan kontes kecantikan di Indonesia sejak 2011-2015. Penelitian ini penting dilakukan karena keberadaan kontes kecantikan di Indonesia masih kontroversial. Rumusan masalah yang berusaha dijawab melalui penelitian ini adalah bagaimana diskursus pemberitaan media online mengenai kontroversi kontes kecantikan di Indonesia. Selain mengeksplorasi, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemetaan diskursif dari topik penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode media discourse analysis dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk menganalisis teks beritanya digunakan teknik analisis media discursive formation atau formasi diskursif media. Adapun media online yang menjadi subjek penelitian ini adalah media online okezone.com, hidayatullah.com, dan liputan6.com, yang masing-masing mewakili cara pandang yang berbeda dalam memandang event kontes kecantikan di Indonesia. Berdasarkan analisis yang dilakukan, ideologi dan kekuasaan mempengaruhi institusi media dalam mewacanakan kontes kecantikan di Indonesia. Berada dalam konglomerasi yang sama dengan founder kontes kecantikan, media online okezone.com mewacanakan kontes kecantikan sebagai sesuatu yang baik, sarana meningkatkan reputasi bangsa, dan ajang promosi wisata dan budaya. Namun, diskursus tersebut berusaha di counter oleh media online hidayatullah.com. Sebagai media milik kelompok keagamaan yang vokal menyuarakan penolakan terhadap penyelenggaraan kontes kecantikan, media ini mewacanakan kontes kecantikan dalam kerangka ideologi Islam, yaitu sebagai ajang eksploitasi tubuh perempuan, pertentangan budaya Barat dan budaya Timur, serta kontes maksiat. Sedangkan media online liputan6.com ikut serta menerjemahkan kontes kecantikan sebagai sesuatu yang kontroversial dengan memproduksi ulang nilai-nilai yang ada di masyarakat ketika membentuk diskursusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.62/16 Chr d
Uncontrolled Keywords: diskursus media, teks berita, media online, kontroversi, kontes kecantikan di Indonesia.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
LIVIA MELDA CHRISTANTI, 071211531006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Prof., Dra., M.Comm., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:15
Last Modified: 07 Jun 2017 18:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41263
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item