PENERIMAAN PARA IBU TERHADAP KOMODIFIKASI ANAK DALAM PROGRAM TELEVISI JUNIOR MASTERCHEF INDONESIA SEASON 2 DI RCTI

RIZKY RAMADHANI YR, 071115082 (2016) PENERIMAAN PARA IBU TERHADAP KOMODIFIKASI ANAK DALAM PROGRAM TELEVISI JUNIOR MASTERCHEF INDONESIA SEASON 2 DI RCTI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (870kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.65-16 Riz p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerimaan para ibu terhadap komodifikasi anak dalam program televisi junior Masterchef Indonesia Season 2 di RCTI. Penelitian ini menarik dilakukan karena dalam pencarian bakat ini anak menampilkan bakat yang tidak biasa yaitu memasak. Padahal, kegiatan memasak lebih sering dikaitkan dan dilakukan oleh wanita dewasa atau ibu. Selain itu, dalam program tersebut diindikasikan terdapat bentuk-bentuk komodifikasi terhadap anak. Anak dalam program tersebut terlihat tidak dapat menjadi dirinya sendiri dikarenakan adanya campur tangan pihak televisi berupa arahan-arahan dan bentuk-bentuk komodifikasi terhadap anak. Hal tersebut terlihat dari sikap, emosional dan ekspresi anak. Selain itu tidak jarang anak dalam program tersebut ditampilkan dengan suasana yang penuh drama, semata-mata bertujuan untuk menghasilkan tayangan yang menarik bagi audiensnya. Komodifikasi terhadap anak juga dekat kaitannya dengan eksploitasi terhadap anak, mencakup eksploitasi ekonomi hingga eksploitasi jam kerja terhadap anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi interpretasi para ibu terhadap komodifikasi anak dalam program televisi Junior Masterchef Indonesia Season 2 di RCTI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori resepsi yakni encoding-decoding milik Stuart Hall dan komodifikasi milik Vincent Mosco. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode reception analysis untuk menjawab rumusan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah focus group discussion terhadap delapan informan yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah para ibu memaknai bentuk-bentuk komodifikasi terhadap anak dalam program televisi junior Masterchef Indonesia Season 2 secara beragam. Para ibu melakukan proses decoding yang akan menentukan posisi mereka masing-masing berdasarkan latar belakangnya. Informan yang menonton bukan karena keinginannya sendiri berada pada posisi dominant hegemonic. Sedangkan informan dengan latar belakang yang pekerjaan dan pendidikan yang tinggi berada pada posisi negotiated hegemonic dan oppotitional hegemonic.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.65/16 Riz p
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Khalayak, Komodifikasi Anak, Eksploitasi Anak, Pencarian Bakat
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKY RAMADHANI YR, 071115082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:34
Last Modified: 07 Jun 2017 19:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41266
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item