PENERAPAN ACTIVITY-BASED COSTING SYSTEM DALAM PERHITUNGAN BIAYA PENDIDIKAN MAHASISWA PROGRAM STUDI D3 DAN S1 KEPERAWATAN PADA STIKES HANG TUAH SURABAYA

CALIK S USILO, 040530986 (2010) PENERAPAN ACTIVITY-BASED COSTING SYSTEM DALAM PERHITUNGAN BIAYA PENDIDIKAN MAHASISWA PROGRAM STUDI D3 DAN S1 KEPERAWATAN PADA STIKES HANG TUAH SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-susilocali-16789-abstraka-p.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-susilocali-14135-a39210-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perguruan tinggi khususnya bidang kesehatan sebagai suatu perusahaan jasa dituntut untuk dapat berkembang dan menjaga kontinuitas usaha supaya dapat berjalan dengan baik, serta melakukan perbaikan berkesinambungan agar tetap dapat mempertahankan bahkan meningkatkan daya saing. Perhitungan biaya pendidikan yang tepat memerlukan manajemen biaya yang baik, metode tradisional memungkinkan adanya distorsi dalam perhitungan biaya pendidikan, sementara dengan activity-based cost (ABC System) meningkatkan keakuratan mengalokasikan biaya produk/jasa secara lengkap sehingga dapat digunakan untuk penetapan biaya pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perhitungan biaya pendidikan mahasiswa program studi D3 dan S1 keperawatan dengan activity-based cost system pada Stikes Hang Tuah Surabaya TA. 2009-2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif single case study (studi kasus tunggal) pada perusahaan jasa, yaitu Stikes Hang Tuah Surabaya. Data penelitian berupa data primer dan sekunder, data didapatkan dengan cara observasi dan wawancara, setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan cara membandingkan perhitungan biaya pendidikan dengan metode tradisional dan metode activity-based cost (ABC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan biaya pendidikan dengan metode activity-based costing (ABC) untuk program studi D3 dan S1 Reguler mengalami penurunan dari metode tradisional, sedangkan untuk program studi S1 dan D3 Non Reguler mengalami peningkatan dari metode tradisional. Penghitungan biaya pendidikan menggunakan metode activity-based costing terbukti lebih akurat dalam menentukan besaran biaya pendidikan sehingga dapat digunakan untuk menjadi alternatif penghitungan biaya di Stikes Hang Tuah Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 392/10 Sus p
Uncontrolled Keywords: ACTIVITY-BASED COSTING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K100-103 Legal education
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education
L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2371-2372 Graduate education
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
CALIK S USILO, 040530986UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMURDIYATI DEWI, Dra.,MSi.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 21 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Oct 2016 02:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4127
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item