REPRESENTASI KEPEMIMPINAN PRESIDEN SOEKARNO DALAM FILM (Analisis Semiotika Terhadap Kepemimpinan Presiden Soekarno dalam Film Soekarno : Indonesia Merdeka)

Chindita Permatasari, 071211533040 (2016) REPRESENTASI KEPEMIMPINAN PRESIDEN SOEKARNO DALAM FILM (Analisis Semiotika Terhadap Kepemimpinan Presiden Soekarno dalam Film Soekarno : Indonesia Merdeka). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.73-16 Per r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi kepemimpinan presiden dalam film Soekarno : Indonesia Merdeka. Representasi kepemimpinan menjadi segnifikan karena ada nya perbedaan antara pemimpin yang digambarkan dalam film dengan fakta sejarah yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian komunikasi karena representasi kepemimpinan yang dihadirkan dalam film akan dikonstruksi melalui teks – teks berupa tanda yang dapat dimaknai. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana representasi kepemimpinan presiden Soekarno dalam film berdasarkan aspek kostum, ekspresi wajah, tata rias, lingkungan, perilaku, dialog, tipe shot, pencahayaan, angle, jenis angle, penggunaan suara, dan ideolgi apa yang tampak dari representasi tersebut. Tinjauan pustaka yang digunakan oleh peneliti adalah representasi dan konstruksi sosial dalam film, film sebagai praktik sosial, politik dalam film,teori kepemimpinan, kepemimpinan presiden, dan semiotika. Sedangkan metode yang digunakan oleh peneliti adalah analisis semiotik milik John Fiske yang membagi semiotik melalui tiga level : realitas, representasi, dan ideologi. Ideologi yang tampak pada film Soekarno : Indonesia Merdeka adalah nasionalisme yang ditunjukkan dari beberapa scene yang dipilih oleh peneliti. Beradasarkan analisis, didapatkan temuan data bahwa representasi kepemimpinan dalam film Soekarno : Indonesia Merdeka berdasarkan aspek visual nya, kepemimpinan yang ideal merupakan seorang pemimpin yang memiliki perilaku leadership capital yang terdiri atas aspek personal, interpersonal, dan filosofis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.73/16 Per r
Uncontrolled Keywords: representasi,kepemimpinan presiden, film, semiotik, John Fiske
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Chindita Permatasari, 071211533040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipalapa, S.Ikom., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:54
Last Modified: 07 Jun 2017 19:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41271
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item