GAMBARAN LAKI-LAKI DALAM IKLAN TELEVISI SUNBLOCK IT’S SKIN 2PM (ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG GAMBARAN LAKI-LAKI DALAM IKLAN TELEVISI SUNBLOCK IT’S SKIN 2PM)

VINNY DWI OCTAVIANI, 071115015 (2016) GAMBARAN LAKI-LAKI DALAM IKLAN TELEVISI SUNBLOCK IT’S SKIN 2PM (ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG GAMBARAN LAKI-LAKI DALAM IKLAN TELEVISI SUNBLOCK IT’S SKIN 2PM). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.78-16 Oct g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah menganalisis bagaimana laki-laki digambarkan dalam iklan televisi Sunblock It’s Skin 2PM. Iklan tersebut merupakan iklan produk perawatan kulit untuk perempuan, tetapi tokoh utama dalam iklan tersebut adalah laki-laki. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penggambaran laki-laki dalam iklan televisi Sunblock It’s Skin 2PM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan memaknai konsep laki-laki dalam iklan televisi Sunblock It’s Skin 2PM. Dalam riset ini, peneliti akan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes yaitu analisis tentang hubungan tanda. Sehingga peneliti dapat mengungkap gambaran laki-laki dalam iklan Sunblock It’s Skin 2PM. Dengan menggunakan tinjuan pustaka melalui iklan sebagai media representasi, perspektif media massa terhadap gender, gambaran laki-laki di media massa (dalam iklan), dan teori analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Berdasarkan rumusan masalah dari riset ini, hasil yang didapatkan peneliti mengenai gambaran laki-laki dalam iklan televisi Sunblock It’s Skin 2PM ialah, laki-laki digambarkan sebagai perpaduan maskulin dan feminin. Ada yang digambarkan dengan kegiatan merawat kulit wajah dan tubuh dengan menggunakan sunblock sampai melakukan kegiatan menari dengan gerakan gemulai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.78/16 Oct g
Uncontrolled Keywords: Representasi, Laki-laki, Semiotika, Roland Barthes, Iklan
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
VINNY DWI OCTAVIANI, 071115015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:27
Last Modified: 07 Jun 2017 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41276
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item