REPRESENTASI KEBUDAYAAN JAWA DALAM FOTO TRADITIONAL WEDDING KARYA HENDY WICAKSONO PHOTOGRAPHY (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM FOTO PERNIKAHAN ADAT JAWA)

BENY ADAM ABDUROCHMAN, 071115062 (2016) REPRESENTASI KEBUDAYAAN JAWA DALAM FOTO TRADITIONAL WEDDING KARYA HENDY WICAKSONO PHOTOGRAPHY (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM FOTO PERNIKAHAN ADAT JAWA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.79-16 Abd r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Representasi kebudayaan Jawa dalam foto traditional wedding karya Hendy Wicaksono Photography. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana representasi kebudayaan Jawa saat ini melalui analisis foto pernikahan tradisional di Jawa dari karya Hendy Wicaksono Photography. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, dengan fokus kepada gagasan tentang signifikasi dua tahap (two order of signification). Hasil penelitian di temukan bahwa berdasar pada foto karya Hendy Wicaksono Photography yang dianalisis peniliti menunjukan bahwa Hendy Wicaksono merepresentasikan kebudayaan Jawa dengan cara menampilkan budaya jawa melalui pendekatan reflektif, pendekatan intensional, dan pendekatan konstruktivis. Namun tidak semua unsur kebudayaan Jawa masuk karena budaya Jawa yang ada dalam konsep pernikahan sekarang sudah mengalami pergeseran. Bagi orang sekarang, prosesi ritual pernikahan adat Jawa asli dirasa terlalu panjang, sangat merepotkan dan terlalu memakan waktu serta biaya. Sehingga yang bertahan dari bagianbagian dari prosesi tersebut hanyalah bagian yang dianggap paling penting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.79/16 Abd r
Uncontrolled Keywords: Representasi, Kebudayaan Jawa, Traditional Wedding, Foto
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
BENY ADAM ABDUROCHMAN, 071115062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:30
Last Modified: 07 Jun 2017 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41277
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item